ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Membayar zakat

Untuk umat muslim, membayar zakat wajib hukumnya. Besar dari zakat fitrah, antara lain beras atau makanan pokok seberat 2,5 kg atau 3,5 liter per jiwa. Nilai dari zakat fitrah sendiri setara dengan uang sebesar Rp45.000/hari/jiwa.

 

2. Bersedekah

Sisihkan juga THR kamu untuk memberikan infak atau sedekah kepada anak yatim piatu, orang kurang mampu, dan kaum duafa.

 

3. Memberikan THR

Tak hanya menerima THR, kita pun perlu memberikannya pada orang yang bekerja pada kita, seperti asisten rumah tangga, sopir, satpam, atau office boy di kantor.

 

4. Melunasi utang

Jika masih ada utang, manfaatkanlah THR untuk melunasinya, sehingga beban keuanganmu pun menjadi lebih ringan.

 

5. Pengeluaran hari raya

Hari Lebaran biasanya dirayakan dengan mudik atau jalan-jalan. Demi hari istimewa ini, kita biasanya mengeluarkan banyak uang untuk pakaian baru, makanan nikmat untuk keluarga, atau amplop untuk keponakan dan sanak saudara.

 

6. Dana darurat

Tahun ini diisukan menjadi tahun ketika resesi terjadi. Untuk mengantisipasi risiko terjadinya PHK, siapkanlah dana darurat sebesar 3–12 kali pengeluaran bulanan. Tak perlu langsung terkumpul, kamu bisa tabung dana ini secara bertahap.

 

7. Mendapatkan asuransi kesehatan

Agar fondasi finansialmu semakin mantap, milikilah asuransi kesehatan yang bisa menjaga tabungan kamu dari risiko membayar biaya rumah sakit yang mahal.

Asuransi kesehatan berbasis syariah, seperti Asuransi Bebas Handal memiliki manfaat rawat inap yang lengkap hingga Rp100 juta/tahun. Kontribusinya terjangkau, mulai dari Rp75 ribu/bulan dan bisa didapatkan secara online di sini!

 

8. Investasi

Setelah kebutuhan sehari-hari, tabungan, dan asuransi terpenuhi, kamu juga bisa alokasikan THR-mu untuk mendapatkan penghasilan tambahan lewat investasi.

Ada beragam jenis investasi yang bisa kamu coba, dari reksa dana hingga saham. Pilihlah yang sesuai dengan profil risikomu, ya, agar hati lebih tenang!

 

9. Dana pensiun

Jika ada uang lebih, alangkah baiknya jika kamu alokasikan juga untuk menambahkan tabungan hari tua!

Kalau kamu punya tujuan keuangan lainnya, seperti dana pendidikan anak, liburan akhir tahun, atau renovasi rumah, kamu juga bisa gunakan THR untuk kebutuhan ini!

 

Yuk, atur rencana alokasi THR-mu dari sekarang! Ketika THR cair nanti, kamu sudah bisa langsung gunakan sesuai kebutuhan dan tujuan keuanganmu. Semangat mengatur keuanganmu, passionate people!