ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Ini Dia Ragam Alat Musik Tradisional Indonesia!

1. Angklung dari Jawa Barat
Pastinya kamu sudah tak asing lagi dengan angklung! Alat musik yang terbuat dari bambu ini dimainkan dengan teknik kurulung, yakni menggoyangkan angklung dengan tangan untuk menghasilkan suara.

2. Sasando dari Nusa Tenggara Timur
Alat musik yang satu ini dimainkan dengan cara dipetik menggunakan kedua tangan. Terdapat sasando dengan jumlah senar 28 ataupun 58.


3. Tifa dari Papua dan Maluku
Berbentuk seperti tabung, alat musik tradisional ini dimainkan dengan cara dipukul. Tifa umum digunakan saat upacara adat atau pertunjukan musik.


4. Gamelan dari Jawa & Bali
Nah, gamelan merupakan gabungan dari beberapa alat musik tradisional yang dimainkan secara bersamaan. Alat musik ini terdiri dari gong, kenong, gambang, saron, celempung, dan alat musik pendamping lainnya.


5. Kolintang dari Minahasa, Sulawesi Utara
Alat musik perkusi bernada ini dimainkan dengan cara dipukul, baik dengan tangan ataupun alat bantu lainnya. Kolintang terbuat dari bilah-bilah kayu yang diatur sesuai urutan nada, dari rendah ke tinggi.


6. Sape dari Kalimantan Timur
Alat musik petik tradisional ini berbentuk mirip seperti gitar. Sape sering dipakai untuk mengiringi acara adat Suku Dayak.


7. Burdah dari Sumatra Selatan
Alat musik tradisional ini memiliki bentuk seperti rebana. Umumnya, burdah terbuat dari kulit binatang dan kayu. Burdah sendiri dimainkan dengan cara dipukul.


8. Kecrek dari Betawi
Alat musik tradisional dari suku Betawi ini juga dikenal dengan nama tamborin. Kecrek terbuat dari logam tipis yang disusun di pegangan kayu. Alat musik ini dimainkan dengan cara digoyang untuk menghasilkan suara gemerincing. Seru, kan?


Mau Belajar Alat Musik Tradisional?
Dengan mempelajari alat musik tradisional, kita sudah turut melestarikan budaya! Untungnya, belajar alat musik tradisional bisa dilakukan lewat aplikasi, lho! Yuk, temukan beragam aplikasinya di Play Store, seperti Gamelanku, Real Angklung, dan Virtual Kulintang. 

Simpel banget, kan, mau belajar hingga lakukan pembelian di era digital? Nah, kemudahan ini juga bisa kamu rasakan dalam mendapatkan asuransi kesehatan, seperti Asuransi Bebas Handal.

Asuransi kesehatan berbasis syariah ini memiliki manfaat rawat inap yang lengkap hingga Rp100 juta/tahun. Kontribusinya terjangkau, mulai dari Rp75 ribu/bulan dan bisa didapatkan secara online di sini!

Sumber: