ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Periksa ukuran dan kecepatan

Vinyl biasanya diputar di turntable dalam kecepatan yang berbeda dengan satuan revolutions per minute (RPM). Setiap vinyl berputar dalam RPM yang berbeda. Jadi, carilah record player yang memungkinkan kamu untuk mengatur kecepatan, ya!

 

2. Pilih jenis record player

Ada tiga jenis record player. Dalam sistem otomatis, kamu hanya perlu menekan tombol, sedangkan untuk sistem manual, kamu perlu mengangkat arm dan menempatkannya di atas vinyl.

Untuk jenis semi-automatic, kamu meletakkan jarum secara manual, namun akan terangkat dengan sendirinya ketika lagu habis. Umumnya, turntable mid hingga high-end menggunakan sistem manual.

 

3. Survei harga

Upayakan untuk menghindari record player dengan harga di bawah $200 atau sekitar Rp3 jutaan, karena kualitas audionya belum tentu terjamin, dan vinyl-mu pun berisiko untuk rusak.

Tak hanya record player, kamu bisa jadi membutuhkan aksesori lainnya, seperti slipmat, speaker, pre-amp, hingga alat membersihkannya. Hitung kembali ya budget yang diperlukan untuk hobi yang satu ini!

 

4. Gunakan dengan hati-hati

Agar suara tetap jernih, jaga vinyl agar bebas dari debu dan minyak! Caranya dengan memegang ujung atau tepi vinyl saat mengeluarkannya dari sarungnya.

Upayakan untuk tidak menyeret jarum pada record-mu, ya. Setelah selesai, angkat jarum dengan hati-hati dan keluarkan vinyl.

 

5. Cek harga maintenance

Suatu hari, record player mungkin perlu perbaikan. Cek terlebih dulu berapa harga jarum dan tonearm-nya, ya!

 

6. Letakkan di tempat stabil

Bunyi yang dihasilkan merupakan getaran dari jarum. Jika kamu tempatkan record player di tempat yang tidak stabil, kamu akan mendengar suara mendengung.

 

Temukan Tempat Membeli Vinyl di Jakarta

1. Jalan Surabaya, Menteng, Jakarta Pusat

Cari vinyl penyanyi era 1950–1990-an, seperti The Beatles, Bob Marley hingga Johnny Cash? Nah, di sini tempatnya!

 

2. Monka Magic, Kemang, Jakarta Selatan

Untuk musik beragam genre, dari band besar hingga yang indie, kamu bisa temukan di sini!

 

3. Laidback Blues Record Store, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Walau namanya “blues”, toko ini juga punya vinyl dari genre lainnya, lho! Kamu juga bisa beli amplifier di sini!

 

Alternatifnya, kamu bisa belanja vinyl secara online, ya! Pastikan untuk cek kembali review penjualnya sebelum kamu membeli.

 

Kemudahan untuk belanja online seperti ini juga bisa kamu rasakan saat mendapatkan asuransi kesehatan, seperti Asuransi Bebas Handal.

 

Asuransi kesehatan berbasis syariah ini memiliki manfaat rawat inap yang lengkap hingga Rp100 juta/tahun. Kontribusinya terjangkau, mulai dari Rp75 ribu/bulan dan bisa didapatkan secara online di sini!