ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Rencanakan dari jauh-jauh hari

Pertama-tama, kamu harus memilih destinasi, tanggal, dan durasi perjalanan kamu. Kemudian, kamu bisa membandingkan harga, booking lebih awal, dan mendapatkan harga terbaik.

Dengan persiapan yang lebih panjang, kamu bahkan bisa menabung lebih banyak untuk upgrade liburanmu!

 

2. Catat setiap biaya

Agar kamu tahu berapa uang yang harus disiapkan, buat deh rinciannya di kertas, Excel, atau aplikasi budgeting, misalkan biaya paspor, visa, masuk tempat wisata, sewa mobil, pesawat, hotel, makan, beli nomor, belanja, atau oleh-oleh.

 

3. Riset harga

Tak tahu harga-harganya? Kamu bisa cek di internet untuk kisaran biayanya, seperti sewa mobil, kartu transportasi, biaya makan di kafe, dan lain sebagainya.

Jika overbudget, kamu bisa cari alternatifnya. Misalkan, mengganti hotel ke Airbnb atau menggunakan transportasi publik dibandingkan sewa kendaraan. Yang termurah belum tentu lebih baik. Untuk itu, jangan lupa cek review ya.

 

4. Siapkan dana darurat

Biar gak was-was saat di jalan, milikilah asuransi perjalanan, yang mencakup penggantian biaya medis darurat, bagasi hilang, dan keterlambatan perjalanan.

Siapkan juga dana lebih untuk pengeluaran tak terduga ya. Misalkan, jika kopermu hilang, kamu harus membeli baju dan berbagai perlengkapan pengganti.

 

5. Buat rencana menabung

Setelah mengetahui kisaran biaya yang diperlukan dan target terkumpulnya, kamu bisa mulai menabung.

Misalkan, liburan ke Singapura membutuhkan biaya sekitar Rp15 juta dengan target terkumpul dalam lima bulan, berarti kamu harus menabung Rp3 juta/bulannya.

Agar tidak terpakai untuk keperluan lain, kamu bisa tempatkan uangmu di pos yang terpisah, seperti tabungan atau reksa dana khusus.  

 

6. Buat budget harian

Agar pengeluaranmu tak bocor, kamu bisa sisihkan uang tunai per harinya saat traveling. Namun, pastikan tetap membawa kartu ATM atau kartu kredit ya untuk kondisi darurat.

Kamu bisa tetap pantau pengeluaran tak terduga ini dengan mencatatnya di notes gadget-mu atau lewat aplikasi budgeting.

 

Perjalanan yang menyenangkan dimulai dari persiapan yang matang. Saat kamu traveling nanti, pastikan juga untuk riset tentang protokol kesehatan destinasi wisatamu ya.

 

Selain itu, kamu juga bisa lebih tenang selama perjalanan, jika terlindungi dari risiko kecelakaan dengan asuransi kecelakaan Bebas Aksi yang berlaku di seluruh dunia dengan manfaat hingga Rp1 miliar!

 

Preminya terjangkau, mulai dari Rp30 ribu/bulan. Daftar, beli, dan klaim bisa dilakukan secara online. Selengkapnya di https://www.fwd.co.id/products/accident/bebas-aksi/.



Sumber :
 

https://upgradedpoints.com/travel/creating-a-travel-budget/

https://upgradedpoints.com/travel/creating-a-travel-budget/

https://travel-made-simple.com/how-to-make-a-travel-budget/

https://upgradedpoints.com/travel/creating-a-travel-budget/

https://upgradedpoints.com/travel/creating-a-travel-budget/

https://www.capitalone.com/bank/money-management/life-events/budget-your-trip/

https://thesandyfeet.com/10-tricks-help-manage-tight-travel-budget/