ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Pilih sampo sesuai jenis rambut

Asal pakai sampo bisa bikin rambut rusak! Jika kamu punya rambut tebal, pilih kandungan yang melembapkan. Nah, jika rambut kamu tipis, pilih sampo dengan kata kunci “volumizing”!

 

2. Hindari keramas tiap hari

Terlalu sering keramas bisa menghilangkan minyak alami dari rambut. Akibatnya, kulit kepala akan bekerja keras untuk memproduksi lebih banyak minyak!

Coba deh untuk keramas dua hari sekali bagi pemilik rambut halus, dan lima hari sekali untuk rambut tebal. Di hari kamu tidak keramas, pakailah dry shampoo.

 

3. Pakai air hangat

Basahi rambutmu dengan air hangat, ya! Air yang terlalu panas bisa menghilangkan hasil cat rambut dan mengurangi kekuatan rambut, lho!

 

4. Buat busa terlebih dulu

Hindari langsung memakai produk ke kepala, melainkan tuang ke tangan dan gosok hingga berbusa dulu. Cara ini bisa menghindarkan kamu dari kulit kepala berminyak.

 

5. Basahi rambut sepenuhnya

Agar produk menyebar tanpa perlu menggunakan banyak sampo, basahi dulu seluruh rambutmu. Hasilnya dijamin bersih maksimal!

 

6. Massage terlalu keras

Suka pijat kepala di salon? Nah, ternyata pijat terlalu keras tidak dianjurkan untuk dilakukan setiap hari di rumah, karena dapat mengakibatkan kerusakan rambut hingga luka gores!

Cara massage terbaik adalah gunakan bantalan pada ujung jari, dan bukan kuku, untuk memijat kulit kepalamu dengan sedikit tekanan.

 

7. Fokus pada akar

Ketika sampoan, berikan perhatian lebih pada bagian akar, dan bukan ujung rambut. Tidak membersihkan akar bisa mengakibatkan kerontokan!

Jadi, yang perlu kamu lakukan adalah pijat akar hingga pertengahan rambut selama 2–3 menit, lalu biarkan air mengalir dan membersihkan sisa rambutmu saat membilas.

 

8. Keramas dua kali

Selalu sampoan dua kali, ya! Sampo pertama untuk menghilangkan kotoran, polusi, dan residu produk. Sampo kedua untuk membuat rambut bersinar!

 

9. Pakai conditioner di ujung rambut

Gunakan jarimu untuk menyebarkan conditioner ke seluruh rambut. Conditioner dapat membantu menutrisi rambutmu.

 

10. Bilas dengan air dingin

Ternyata, air dingin membantu mengunci nutrisi dan menghaluskan kutikula rambut. Teknik ini dijamin bikin rambut kamu bersinar!

 

11. Keringkan rambut

Hindari menggosok rambut dengan handuk, ya. Cobalah untuk tepuk-tepuk dan peras rambut secara perlahan dengan handuk yang lembut. Keringkan dengan sempurna, sebelum kamu memakai catokan.

 

Dengan langkah-langkah ini, rambut kamu dijamin makin badai! Nah, tak cuma menjaga kesehatan rambut, kamu juga perlu menjaga diri dari beragam risiko kesehatan! Salah satunya dengan memiliki asuransi kesehatan, seperti Asuransi Bebas Handal.

 

Asuransi kesehatan berbasis syariah ini memiliki manfaat rawat inap yang lengkap hingga Rp100 juta/tahun. Kontribusinya terjangkau, mulai dari Rp75 ribu/bulan dan bisa didapatkan secara online di sini!