ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Apa sih manfaatnya susu sapi?

Nah, susu sapi merupakan sumber protein, kalsium, vitamin B12, dan magnesium yang baik untuk perkembangan tulang dan fungsi otot. Anak-anak berusia 1-3 dianjurkan untuk mengonsumsi sebanyak 350 miligram kalsium per harinya.

Selain itu, kalsium juga sangat penting dikonsumsi pada saat remaja. Jika pertumbuhan tulang tak maksimal di masa muda, kamu berisiko memiliki tulang yang lemah di masa tua.

 

Apakah susu alternatif sama manfaatnya?

Para ahli berargumen, sumber protein dari susu alternatif sendiri di bawah susu sapi. Hal ini penting untuk diingat, khususnya untuk anak-anak dan orang tua yang membutuhkan banyak protein untuk tulang.

Selain itu, susu sapi mengandung lactose, yang mengandung gula secara natural, sedangkan susu alternatif biasanya mengandung gula, yang berbahaya untuk kesehatan.

 

Haruskah stop konsumsi susu sapi?

Para ahli merekomendasikan, mereka yang berisiko dengan penyakit cardiovascular atau ingin mengontrol berat badan sebaiknya mengurangi konsumsi susu full fat.

 

Bukannya susu sapi masuk ke “empat sehat lima sempurna”?

Dalam konsep “empat sehat lima sempurna”, susu dianggap sebagai penyempurna. Nah, dalam konsep baru, yakni “pedoman gizi seimbang”, susu masuk dalam kelompok lauk-pauk dan dapat diganti dengan makanan lain yang sama nilai gizinya.

Kalau konsumsi protein, seperti telur, daging, atau ikan sudah mencukupi, susu tak lagi wajib diminum. Kuncinya adalah konsumsilah makanan yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan dan kelompok umurmu. 

 

Kalau tetap minum susu sapi, boleh gak?

Selama kamu gak lactose intolerant, kamu bisa pilih susu sapi rendah lemak, atau kalau kamu peduli dengan lingkungan, pilihlah jenis susu dengan dampak lingkungan yang terendah.  

Jadi, kamu tim pro susu sapi atau kontra nih? Apa pun yang kamu pilih, pastinya hanya yang terbaik untuk kesehatanmu.

 

Nah, kamu juga bisa loh menjaga diri dari risiko kesehatan, khususnya dari segi finansial dengan FWD LooP, asuransi lengkap dengan manfaat meninggal, kecelakaan, penyakit kritis, rawat inap hingga investasi.

 

Preminya mulai dari Rp250 ribu/bulan. 100% premi kamu akan dikelola sejak tahun pertama untuk perkembangan dana investasi yang optimal. Cari tahu lebih lanjut di https://www.fwd.co.id/products/investments/loop/.



Sumber : 

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5122229/

https://www.bbc.com/future/article/20191123-what-milk-is-best-cows-dairy-free-alternative

https://www.bbc.com/future/article/20191123-what-milk-is-best-cows-dairy-free-alternative

https://www.medicalnewstoday.com/articles/296564#summary

https://www.kemkes.go.id/article/view/16051300001/inilah-perbedaan-4-sehat-5-sempurna-dengan-gizi-seimbang-.html

http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK%20No.%2041%20ttg%20Pedoman%20Gizi%20Seimbang.pdf

https://www.bbc.com/future/article/20191123-what-milk-is-best-cows-dairy-free-alternative