ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Mau jadi kaya dengan gaji Rp5 juta? Sebenarnya tidak mustahil, tapi sering dianggap mengkhayal untuk sebagian orang. Biasanya sih yang berpendapat seperti itu belum ada niat utuh dalam dirinya supaya bisa hidup secara lebih baik. Buat kamu yang tidak tahan lagi dengan pola hidup yang seolah-olah selalu pas-pasan, yuk mulai sekarang atur diri dan gaji itu supaya bermanfaat sesuai porsinya.

 


http://www.profit2earner.com

 

Mental orang kaya adalah mengutamakan investasi lebih dulu

Mungkin agak berbeda dengan pembahasan lain yang mengutamakan pos dana kebutuhan pertama kali ketika menerima gaji. Kalau kamu memang sangat ingin kaya, hal yang kamu harus sadari adalah kamu tidak boleh takut untuk 'mengeluarkan dana'. Dalam hal ini, pengeluaran tersebut adalah untuk investasi. Besaran investasi orang-orang kaya di luar sana bisa mencapai 50% hingga 75% dari pemasukan mereka. Bayangkan mereka hidup 'sederhana' sebesar 25% dari pemasukannya untuk kebutuhan sekaligus keinginan mereka. Di samping tidak takut untuk mengeluarkan dana adalah mempelajari investasi itu sendiri supaya tidak terjebak dengan investasi bodong.

 

 

https://fupping.com

 

Hidup selayaknya dengan besaran 30% dari gaji bulananmu

Kok kecil sekali? Besaran 30% dari Rp5 juta adalah Rp1,5 juta, sebuah jumlah yang sebenarnya wajar untuk mencukupi biaya makan, tempat tinggal, dan transportasi sebagai kebutuhan harian pekerja. Semuanya tinggal bagaimana kesediaanmu untuk hidup sederhana tapi layak, bukan yang serba kekurangan. Pilih kos dengan biaya rendah meskipun harus merelakan AC dan kamar mandi digunakan bersamaan, pilih transportasi yang sekiranya lebih murah, makan sederhana dengan mencukupi gizi (terutama sayur!). Kalau dibandingkan dengan kondisi saat ini, apakah semuanya berbalik 180 derajat? Saatnya berubah kalau mau cepat kaya!

 

 

https://www.atb.com

 

Ketika membuat anggaran bulanan, tetap masukkan biaya sosialisasi

Kita semua manusia, kita tetap membutuhkan orang lain. Terkadang, cara untuk mempertahankan relasi tersebut adalah bersenang-senang bersama - yang mungkin akan memakan sedikit biaya. Ini lebih baik daripada tidak memberikan alokasi dana senang-senang namun pada kenyataannya menggunakan dana kebutuhan lain untuk hal yang tidak semestinya. Sekali lagi perlu ditekankan, tidak masalah untuk tetap ikut bersenang-senang, tetapi pastikan bahwa kamu mengalokasikan biaya sosialisasi secara wajar. Bukan berarti harus setiap hari ke kafe, nonton film baru, beli baju diskonan demi mengikuti agenda senang-senang bersama teman. Be careful, those are traps anyway!

 


Banyak membaca buku

Mengubah mental bukan hal yang mudah tetapi inilah rahasia orang kaya mempertahankan kekayaan mereka: membentengi diri dengan pengetahuan yang mereka dapatkan dari membaca buku. Meskipun terdengar tidak berhubungan langsung dengan kebiasaan yang ingin segera kamu terapkan agar cepat kaya, tetapi kebiasaan membaca buku dan memperluas wawasan adalah investasi. Kamu memiliki pengetahuan lebih, syukur kalau bisa sampai menambah keterampilan. Dengan kemampuan tambahan ini, kamu menjadi pribadi yang lebih "menjual". Kamu bisa terapkan untuk membuka bisnis sampingan atau sebagai pertimbangan naik gaji di kantor. Sounds nice?

 

 

https://cdn.businesstown.com

 

Membuka usaha sampingan

Berhubungan dengan pembahasan sebelumnya, mengandalkan satu pos pendapatan bisa menjadi jebakan seseorang untuk berada pada zona nyaman padahal dunia di sekitarnya sedang berkembang pesat, menaikkan biaya hidup padahal pemasukan tidak meningkat sejalan dengan inflasi. Jadi, apa yang harus dilakukan? Tentu saja buka usaha sampingan. Kamu bisa menjadi reseller untuk menjual sesuatu atau menjajakan jasa dan kemampuanmu dengan sistem kerja lepas. Anggap saja satu minggu dapat proyek bernilai Rp350 ribu, kalau rajin dalam sebulan sudah bisa memenuhi biaya kebutuhan primer.

 

Menjalankan dua pekerjaan sekaligus memang tidak mudah, tetapi semakin dini dilakukan maka semakin aman pula di usia lanjut nantinya kita menjadi lebih tenang. Lebih baik lagi kalau usaha sampingan ini akan berubah menjadi passive income, sebuah hal yang pasti dimiliki orang kaya karena hanya dengan duduk-duduk santai di rumah mereka masih bisa memenuhi kebutuhan harian secara layak. Apakah ini sudah menjadi goals dan cita-cita hidupmu?

 

 

https://www.coxblue.com/wp-content/uploads/2019/01/How-to-Secure-Your-Small-Business-WiFi-Network.jpg

 

Memperlua jaringan

Kamu tidak pernah tahu rejekimu datangnya dari mana. Sekalipun kamu bekerja sebagai pekerja kantoran, bukan menjadi alasan kamu hanya bisa terkurung dalam sekat meja kantormu. Gabung ke komunitas yang kamu sukai, ikuti seminar dan workshop yang dapat menambah pengetahuan dan nilai dirimu, berkenalan dengan orang baru. Bertemanlah dengan banyak orang dan jangan mengutamakan keuntungan apa yang bisa kamu dapat. Mengandalkan relasi tidak bisa hanya dalam waktu sebentar, kamu perlu membangun branding dan kepercayaan. Percayalah, investasi relasi seperti ini tidak akan mengecewakan dan justru yang mungkin paling mampu membantumu di saat paling terpuruk.

 

Menjadi orang kaya artinya harus memiliki mental seperti orang kaya. Selama ini, banyak dari kita yang terkungkung untuk menjadi terlihat kaya tapi tidak meresapi inti menjadi orang kaya sesungguhnya - seperti selalu membeli barang branded dan terbaru, makan dan minum di tempat mahal, berdandan molek bahkan untuk membuat kesan pada orang yang tidak kita suka. Bahkan hidup hemat dan menambah pengetahuan secara berkesinambungan adalah mental orang kaya sesungguhnya. Tidak peduli berapa gajimu saat ini, kalau kamu niat untuk berubah dan membangun hidup yang lebih layak dengan kekayaan yang kamu impikan, maka ubahlah mindset dan gaya hidupmu untuk mewujudkan impian tersebut mulai dari sekarang!