ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Pertimbangan sebelum Beli Saham Blue Chip

1.     Modal Lebih Tinggi

Saham blue chip mengalami kenaikan setiap tahunnya. Untuk membeli saham unggulan ini, modal investasi yang diperlukan pun lebih banyak.

Sebagai contoh, jika kamu ingin membeli saham BCA di harga Rp9.000 per lembar saham, maka minimal dana yang kamu keluarkan adalah 1 lot (100 lembar saham) dikali Rp9.000, yakni Rp900.000.

 

2.     Lebih Cocok sebagai Investasi Jangka Panjang

Perlu diingat, saham blue chip membutuhkan waktu hingga kamu meraih keuntungan. Untuk itu, jenis saham ini lebih cocok dijadikan investasi jangka panjang, yang bahkan bisa kamu wariskan.

 

3.     Tingkatkan secara Bertahap

Kamu bisa mengurangi risiko dengan mulai dari jumlah kecil dulu. Seiring dengan bertambahnya ilmu dan pengalaman, kamu bisa tingkatkan nilai investasimu.

Untuk wawasan lebih, kamu bisa baca berita ekonomi, ikut komunitas saham, atau bergabung di kelas investasi.

 

4.     Gunakan Uang Dingin untuk Berinvestasi

Jika ingin berinvestasi saham, kamu sebaiknya memakai uang dingin alias uang “menganggur” yang tidak akan digunakan dalam waktu dekat.

Investasi saham membutuhkan waktu untuk bertumbuh, dan akan berfluktuasi dalam jangka pendek. Dengan uang dingin, kamu tak perlu panik jika nilai saham sedang turun.

 

Ini Cara Beli Saham Blue Chip

Di era digital ini, kamu bisa berinvestasi dengan mudah secara online lewat gadget-mu saja. Kamu cukup download aplikasi yang berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), seperti Stockbit, IPOT, Ajaib, atau Mirae HOTS.

Setelah itu, buka aplikasi pilihanmu, dan top up saldo RDN. Lalu, gunakan tombol pencarian untuk mencari saham blue chip, seperti PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI), atau PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI).

Lalu, masukkan harga pembelian dan jumlah lot saham yang ingin kamu beli. Kemudian klik beli dan konfirmasi.

 

Yuk, Mulai Siapkan Dana Masa Depan!

Investasi saham bisa jadi salah satu cara untuk mengumpulkan dana pensiun. Nah, untuk kamu yang sedang siapkan hari tua, kamu juga bisa memanfaatkan asuransi jiwa FWD Whole Life Protection.

Pada usia ke-75, kamu akan mendapatkan Manfaat Hidup sebesar 50% Uang Pertanggungan untuk mewujudkan masa tua impian. Sisanya akan diberikan jika terjadi risiko terminal illness atau meninggal dunia. Cek selengkapnya di sini!