ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Memperbanyak puasa sunnah

Puasa saat bulan Syakban, bulan sebelum Ramadan, diibaratkan sebagai ibadah rawatib atau ibadah sunnah yang mengiringi ibadah wajib. Puasa sunnah sebelum dan sesudah Ramadan bisa menyempurnakan puasa wajibmu. Pada bulan ini juga, kamu bisa membayar utang puasa sebelumnya. 

 

2. Perbanyak baca Alquran

Mulai persiapkan diri dengan membaca Alquran sejak bulan Syakban. Kebiasaan ini dapat membuat kamu lebih semangat untuk mendalami Alquran saat bulan Ramadan.

 

3. Mengatur waktu tidur

Selain memperbanyak ibadah, kamu bisa mulai mengatur ulang waktu tidurmu. Upayakan untuk tidur lebih cepat agar bisa bangun pagi dengan lebih mudah dan sarapan lebih awal sebagai langkah beradaptasi.

 

4. Mempersiapkan menu dan persediaan makanan

Agar kamu tidak bingung dengan menu berbuka dan sahur nanti, kamu bisa mulai merencanakan pilihan menu Ramadan. Dengan perencanaan tersebut, kamu juga bisa mengatur persediaan makanan sekaligus mengalokasikan budget dengan lebih bijak.

 

5. Budgeting

Tentukan budget untuk pengeluaran pada bulan puasa agar kamu dapat menghindari bocornya pengeluaran. Disiplin dalam membuat budget untuk makanan, baju baru, atau mudik sangatlah diperlukan. Selain itu, kamu juga perlu aktif mencatat pengeluaran untuk memonitor sisa budget

 

6. Fokus pada tujuan

Bulan Ramadan adalah bulan penuh berkah. Melalui berpuasa, kamu dapat membangun ketakwaan, menjaga diri dari hawa nafsu, dan meninggalkan perkataan serta perbuatan yang buruk. Bertujuan untuk lebih dekat dengan Allah, berpuasa bisa mendatangkan banyak keberkahan. 

 

Dengan persiapan yang matang, kamu bisa beribadah puasa dengan lebih khusyuk. Khususnya di tengah pandemi, kita harus selalu siap dengan risiko apa pun, termasuk kesehatan.





Sumber:

https://rumaysho.com/23687-apa-yang-dilakukan-di-bulan-syakban.html

https://rumaysho.com/23687-apa-yang-dilakukan-di-bulan-syakban.html

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200422131941-284-496242/7-persiapan-puasa-ramadan-2020-di-tengah-pandemi-corona

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200422131941-284-496242/7-persiapan-puasa-ramadan-2020-di-tengah-pandemi-corona

https://tirto.id/5-cara-mengatur-keuangan-saat-ramadan-di-tengah-pandemi-corona-feRh

https://almanhaj.or.id/11560-ramadhan-bulan-penuh-berkah-2.html