ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel
1. Ubah Cara Pandang
Sebelumnya, kamu mungkin menganggap berenang sebagai sesuatu yang berbahaya, baik karena trauma atau pengalaman pribadimu.
 
Untuk melawan ketakutan, yakinkan dirimu bahwa kamu akan baik-baik saja selama berada di lingkungan yang aman, dan didampingi oleh pelatih.

2. Tentukan Tujuan
Agar kamu lebih termotivasi, pikirkanlah alasan untuk memulai. Sebagai contoh, kamu ingin mulai olahraga yang baik untuk lutut, atau kamu mau berenang bersama anak.

3. Mulai di Kolam Dangkal
Pertama-tama, kamu bisa berlatih di kolam anak. Duduklah di pinggir kolam dan rendam kaki di air. Coba juga untuk menggerakkan kaki di dalam air untuk merasakan sensasi berenang. Setelah beberapa saat, kamu bisa mulai berdiri dan berjalan perlahan.

4. Kursus dengan Pelatih Renang
Cara terbaik untuk belajar adalah menggunakan jasa pelatih renang. Kamu tak hanya belajar teknik, tetapi juga membangun rasa percaya diri di dalam air.
Pastikan pelatihmu tahu jika kamu takut dengan air, ya, agar porsi latihannya bisa disesuaikan.

5. Latihan Pernapasan
Takut merendam kepala di dalam air? Sebagai permulaan, cari posisi berdiri yang nyaman dan stabil.
Kemudian, tekuk lutut secara perlahan dan rendam wajah hingga air berada di atas bibir. Tahap berikutnya, tahan napas dan rendam kepala sepenuhnya di dalam air.

6. Hembuskan Udara di Dalam Air
Untuk latihan selanjutnya, coba deh untuk melepaskan udara dari mulut dan menghasilkan gelembung. Cara ini bisa membuat kamu lebih nyaman di dalam air, lho.

7. Berpegangan
Untuk permulaan, kamu bisa berpegangan pada pinggir kolam. Lalu, gerakkan kaki ke atas dan ke bawah.
 
Step berikutnya, pelatih atau teman akan memegang tanganmu, dan kamu akan melakukan gerakan kaki yang sudah dilatih sebelumnya.

8. Perlahan, tapi Pasti
Tenang, kamu tak perlu terburu-buru untuk langsung bisa kok, latihan berenang bisa membutuhkan banyak waktu. Namun, jika kamu terus berlatih, bukan tidak mungkin, kamu jadi ahlinya.
 
Yuk, Lawan Ketakutan dengan Perlindungan!
Dengan teknik yang tepat dan lingkungan yang aman, kamu tak perlu takut lagi untuk berenang! Jika terjadi risiko cedera saat berolahraga, kamu pun tak usah pusing dengan biayanya, apalagi kalau punya asuransi kecelakaan Bebas Aksi.
 
Asuransi yang berlaku di seluruh dunia ini menawarkan manfaat hingga Rp1 miliar. Preminya pun terjangkau, mulai dari Rp30 ribu/bulan. Daftar, beli, dan klaim bisa dilakukan secara online, lho! Selengkapnya di sini!

Sumber: