ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Namun, bagaimana jika cuacanya nggak mendukung untuk berolahraga? Tentu saja berkeringat di bawah panas matahari merupakan hal yang nggak nyaman. Apalagi, cuaca di Indonesia nggak menentu dan panasnya cenderung membakar. Selain bikin malas dan nggak bersemangat, sinar UV langsung juga berbahaya bagi tubuh, lho!

Jika panas adalah alasanmu nggak mau berolahraga, kamu harus coba olahraga air, nih. Selain membuatmu nggak kepanasan, olahraga air juga seru untuk dilakukan, lho! Berikut kumpulan olahraga air yang bisa kamu coba agar nggak kepanasan!


1.      Berenang


littlefinsswimschool.com

Berenang adalah olahraga air yang paling mudah dilakukan. Kamu bisa mempelajari gerakannya dengan instruktur renang yang bisa ditemukan dengan mudah. Berenang juga nggak memiliki aturan tertentu untuk dilakukan. Kamu bisa berenang dengan gaya bebas, kupu-kupu, atau pun gaya katak. Kamu hanya perlu melakukannya berulang kali untuk melatih otot dan membuat tubuh jauh lebih bugar. Berenang juga dapat menurunkan berat badan lebih cepat, lho! Pasalnya, saat di dalam air kamu nggak akan terasa lelah sehingga lebih optimal dalam melakukan gerakan berolahraga.

 

Tempat berenang juga nggak sulit untuk ditemukan. Kamu pun bisa memilih mau berolahraga indoor atau outdoor. Harga yang dibanderol pun cukup murah. Kamu hanya perlu membayar biaya sewa kolam renang untuk sekali masuk. Selain itu, kamu bisa mengajak teman dan keluarga untuk berenang bersama. Nggak hanya menyegarkan, berenang juga bisa bikin senang, bukan?


2.      Arung Jeram


chinookrafting.com

Olahraga air satu ini tergolong dapat meningkatkan adrenaline, lho! Saat bermain arung jeram, kamu dilatih untuk bekerjasama dengan tim. Kamu dapat menikmati pemandangan air yang indah sambil mendayung bersama teman-teman. Nggak heran, olahraga ini kerap dipilih untuk rekreasi. Arung jeram dilakukan di atas boat karet dan membutuhkan dayung.

 

Selain menyenangkan, olahraga ini juga cukup menegangkan, lho! Seringkali perahumu akan terbalik di tengah perjalanan. Kamu pun akan merasakan segarnya air sungai. Namun, kamu harus berhati-hati saat melakukan olahraga ini ya! Jangan lupa juga untuk menjaga anggota keluarga atau teman yang ikut bermain.


3.      Selam bebas dan selam scuba


superadventure.co.id

 

Menyelam adalah salah satu olahraga air yang paling menyenangkan.  Saat menyelam ke dalam laut, kamu dapat menyaksikan pemandangan bawah air yang indah. Nggak hanya berolahraga, kamu juga sekaligus berekreasi. Ada dua jenis olahraga menyelam, yakni selam bebas dan selam scuba. Selam bebas memungkinkanmu untuk menyelam di kedalaman laut tanpa alat bantu. Kamu harus memiliki kemampuan menahan napas untuk dapat melakukan olahraga ini. Biasanya, kamu harus latihan fisik berat terlebih dahulu agar dapat masuk ke dalam kategori orang yang bisa menyelam bebas.

 

Berbeda dengan selam bebas, dalam selam scuba kamu akan menggunakan peralatan menyelam lengkap. Kamu juga dibekali dengan tabung oksigen dan alat penerangan. Namun, kamu tetap harus mengerti cara bernapas sebelum dapat melakukannya ya!

 

4.      Surfing


tahititourisme.com


Siapa sih yang nggak mengetahui olahraga satu ini? Saat bermain ke pantai, kamu akan melihat orang-orang yang membawa papan selancar dan jago memainkannya di atas ombak. Papan selancar memang digerakkan oleh ombak. Namun, peselancar harus dapat mengendalikannya. Itu sebabnya, pelancar yang baik pasti dapat mengendalikan keseimbangan tubuh dengan baik.