ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Pelajari Teknisnya

Tak harus lewat pendidikan formal, kamu juga bisa mengambil kursus untuk mengetahui aspek teknis tentang audio. Selain kurikulum tentang DJ, kamu juga bisa pilih subjek seperti audio engineering.

Alternatifnya, carilah tutorial gratis lewat video-video di internet. Lalu, coba deh untuk langsung bereksperimen dengan alat dan software-mu!

 

2. Siapkan Alatnya

Ada beragam setup yang bisa kamu coba! Yang paling simpel, kamu bisa mulai dari laptop dan software yang tepat. Opsi lainnya, gunakan dua turntable dan satu mixer.

Umumnya, setup DJ terdiri dari monitor speaker, mixer, turntables, headphones, vinyl records atau laptop, dan software DJ. Kamu bisa mix and match gear sesuai dengan musik dan gaya pilihanmu, ya!

 

3. Tentukan Jenis Musik

Pilihlah jenis musik yang kamu suka. Dari situ, kamu bisa temukan suara khasmu dan bangun brand sebagai DJ. Banyak DJ dunia yang menekuni satu atau beberapa genre atau subgenre, seperti techno, house, disco, atau drum and bass.

 

4. Pilih Software

Hanya dengan laptop dan software, kamu bisa langsung mulai mixing, lho! Cobain deh eksplor software seperti Traktor, rekordbox, Serato, Virtual DJ, atau DJUCED yang bisa kamu akses secara gratis.

 

5. Mulai Latihan Mixing

Cukup dengan 50–100 track, kamu bisa langsung berlatih. Untuk musik digital, kamu bisa temukan di online marketplace, seperti Beatport, Bandcamp, dan Traxsource.

Opsi lainnya, kamu bisa pakai platform streaming musik, seperti Beatsource, Tidal, dan SoundCloud, yang menyediakan jutaan track hanya dengan langganan per bulan! Serunya lagi, platform ini juga terintegrasi dengan beberapa software DJ.

 

6. Terus Berlatih

Sebanyak apa pun pengalamanmu, tetaplah tekun berlatih. Jika punya koneksi yang tepat dan skill yang mumpuni, kamu bahkan bisa mulai bermain di depan audiens!

Nah, kalau kamu tipe yang lebih perfeksionis, kamu mungkin ingin membentuk dulu suara khasmu, membangun koleksi musik, dan melatih skill mixing sebelum tampil pertama kalinya.

 

Have Fun with Music, Passionate People!

Tak ada kata terlambat untuk mulai wujudkan passion-mu! Jalani hal yang kamu suka pastinya tambah menyenangkan, deh. Apalagi kamu tak perlu was-was dengan risiko cedera atau kecelakaan saat main musik di event dengan memiliki asuransi kecelakaan Bebas Aksi.

 

Asuransi yang berlaku di seluruh dunia ini menawarkan manfaat hingga Rp1 miliar. Preminya pun terjangkau, mulai dari Rp30 ribu/bulan. Beli dan klaim bisa dilakukan secara online di sini!