ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Apakah lari pagi akan membantumu untuk membangunkan otot dan sendi tubuh untuk menjalani hidup seharian? Atau lebih baik membuat dirimu kelelahan pada malam hari agar tidurmu bisa lebih pulas? Ada pula yang mengatakan bahwa tidak ada perbedaan antara olahraga di pagi hari maupun malam hari selama kamu melakukan aktivitas yang menggerakkan tubuh. Mari kita bandingkan perbedaan olahraga di pagi hari dan di malam hari!

 

 

https://cdn.brilio.net/

 

Apa yang kamu dapatkan saat olahraga pagi?

1.      Tubuhmu berfungsi pada titik terendah saat kamu baru bangun karena tidur membuat tubuhmu berada pada masa istirahat. Namun, olahraga di pagi hari tidak hanya bermanfaat untuk membantu membangunkanmu, ini juga bisa membantumu melewati hari dengan lebih baik karena kualitas tidurmu juga akan meningkat. Berikut adalah beberapa alasan mengapa kamu harus memilih olahraga di pagi hari

2.      Kamu akan lebih konsisten dengan jadwal harianmu berolahraga di pagi hari. Saat kamu memulai hari dengan berolahraga sebelum bekerja atau beraktivitas, kamu memberikan dirimu kesempatan untuk fokus di tempat kerja setelahnya.

3.      Olahraga di pagi hari dapat membantu meningkatkan level energy di malam hari. Tubuh manusia memiliki performa terbaik di sore hari, dan studi menunjukkan bahwa olahraga di pagi hari dapat membantu performa tubuh saat sore hari semakin baik.

4.      Berolahraga sebelum sarapan akan membantu tubuh membakar lemak secara lebih efektif dibandingkan olahraga di malam hari. Selain itu, olahraga di pagi hari juga akan meningkatkan metabolisme, yang akan berdampak pada pembakaran kalori selama seharian. Jika kamu melakukan olahraga di malam hari, metabolism tidak akan terlalu meningkat karena kamu sedang tidur.


 

Tantangan Olahraga di Pagi Hari

1.      Tidak mudah untuk termotivasi berolahraga di pagi hari karena kamu juga harus bangun lebih pagi. Paru-paru diketahui berfungsi dalam keadaan terendah di pagi hari, sehingga bangun tidur memang terasa lebih berat.

2.      Otot-ototmu masih kaku saat kamu baru bangun pagi sehingga lebih mudah terkena cidera bila kamu memutuskan untuk olahraga di pagi hari. Sebelum kamu lari, sebaiknya kamu melakukan pemanasan ringan dan tarik napas dalam untuk melancarkan peredaran darah

3.      Olahraga sebelum sarapan dapat membuatmu merasa lelah dengan lebih cepat. Saat baru bangun, tubuhmu bekerja dalam kondisi kosong setelah berjam-jam tidur tanpa makan dan minum.

 

 

https://faktualnews.co

 

Olahraga di malam hari

Studi menunjukkan bahwa olahraga di malam hari lebih memiliki banyak keuntungan daripada di pagi hari karena tubuh sedang berfungsi pada jam terbaiknya. Kamu akan memiliki lebih banyak energy dan kekuatan untuk olahraga yang maksimal. Namun, kamu akan merasa lebih susah untuk memaksa dirimu berolahraga setelah seharian melakukan aktivitas. Inilah beberapa hal yang akan terjadi saat kamu berolahraga di malam hari!

 

Keuntungan Olahraga di Malam hari

1.      Suhu tubuhmu ada pada puncaknya di malam hari. Ototmu menjadi 20% lebih fleksible di malam hari dibandingkan saat pagi hari. Hal ini akan membuatmu lebih mudah dan mencegah risiko cidera saat olahraga.

2.      Kamu akan memiliki lebih banyak energi saat melakukannya di malam hari, dibandingkan pagi hari. Bukan hanya itu, metabolismemu dan fungsi paru-paru juga berfungsi lebih baik di malam hari. Kamu akan memiliki kekuatan lebih besar dan bisa lebih tahan pada sesi olahraga kardio.

3.      Olahraga di malam hari memberikanmu kesempatan untuk membuang stress setelah seharian bekerja. Kamu juga akan memiliki pikiran yang lebih jernih untuk berolahraga karena fokusmu tidak akan terganggu dengan hal-hal lain, mengingat olahraga di malam hari akan menjadi aktivitas terakhirmu sebelum tidur.

 

Tantangan Berolahraga di Malam Hari

1.      Akan lebih mudah untuk tidak melakukan olahraga di malam hari dengan alasan kelelahan. Kadang-kadang, jadwal olahraga di malam hari bisa dikacaukan oleh pekerjaan tambahan dari kantor atau permintaan teman dan keluarga untuk keluar rumah sehingga akan lebih sulit untuk melakukannya.

2.      Berolahraga sebelum tidur bisa membuatmu susah untuk terlelap. Setelah berolahraga, suhu tubuh, metabolism, dan laju jantungmu akan naik sehingga bisa mengganggu kemampuan tubuh untuk beristirahat. Cobalah untuk melakukan pemanasan ringan untuk mencegah hal ini.

3.      Pilihan olahraga di malam hari lebih terbatas. Sebagai contoh, tidak akan aman untuk berlari di malam hari, sementara pergi ke gym di malam hari juga tidak terlalu disarankan karena biasanya lebih padat dan ramai.


Setelah membaca ulasan di atas, akhirnya kamu tahu bahwa olahraga di pagi dan malam hari memiliki keunikan masing-masing. Semuanya membawa keuntungan dan kerugian masing-masing. Setelah mempertimbangkan keuntungan dan kerugiannya, tentu kamu bisa lebih jeli dalam memilih waktu yang tepat untuk kamu gunakan berolahraga. Pilihanmu bisa kamu tentukan dari gaya hidup serta manajemen waktu yang kamu lakukan. Kamu juga boleh untuk berganti waktu olahraga dan tidak harus rutin melakukannya di pagi atau malam hari saja. Jadilah fleksibel karena setiap usahamu akan membuahkan hasil yang maksimal!