ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Tentukan tanggal

Jika kamu berencana melihat sakura di Jepang atau tulip di Belanda, cek lagi ya kapan waktu terbaik untuk mengunjunginya. Lalu, pastikan kembali kamu sudah mendapatkan cuti dengan durasi perjalanan yang kamu inginkan.

 

2. Lakukan riset

Tentunya, kamu gak mau melewatkan lezatnya kuliner setempat atau serunya atraksi di destinasimu! Coba deh untuk cari tahu spot-spot yang wajib dikunjungi di internet.

Setelah itu, kamu bisa sortir kembali sesuai dengan rute, waktu, dan budget.

 

3. Bagi sesuai daerah

Jika kamu mengunjungi sebuah kota atau pulau, kamu bisa bagi lagi itinerary kamu ke beberapa bagian. Sebagai contoh, ketika berlibur di Bali, kamu bisa susun rencana ke lokasi-lokasi, seperti Ubud, Nusa Dua, Canggu, atau Nusa Penida.

Cara ini akan memudahkan kamu saat memesan hotel, memilih moda transportasi, dan mengatur perpindahan dari satu daerah ke daerah lainnya.

 

4. Buat to-do list

Agar gak bingung dengan agenda selama liburan, kamu bisa buat daftar kegiatan per harinya. Lalu, mulai susun sesuai dengan wish list kamu, misalkan bermain di taman hiburan, mengunjungi museum, atau makan di kafe hit!

Lalu, tuliskan juga estimasi waktu yang dibutuhkan di sebuah tempat dan durasi perjalanan antarspot. Kuncinya adalah realistis dengan agendamu. 

 

5. Siapkan ruang untuk improvisasi

Ketika mengeksplor suatu kota, kamu bisa jadi menemukan hal seru lainnya, menghabiskan terlalu banyak waktu di suatu tempat, atau malah terjebak hujan!

Semua hal ini wajar terjadi. Saat jalan-jalan, kita tetap perlu realistis dengan rencana kita dan bersiap untuk improvisasi.

 

6. Catat seluruh itinerary dalam satu file

Agar mudah diakses, kamu bisa simpan rencana perjalananmu dalam satu file yang bisa dicek secara online, dari tanggal, nomor penerbangan, alamat hotel, transportasi di tujuan hingga daftar kegiatanmu!

Jika bepergian bersama teman atau keluarga, kamu bisa pakai Google Docs atau Sheets untuk memudahkan kamu berbagi rencana perjalanan. 

 

7. Simpan nomor-nomor penting

Pastinya, kita tak ingin ada hal-hal buruk terjadi, seperti kena copet, paspor hilang, atau sakit saat jalan-jalan. Sebagai langkah antisipasi, kamu perlu catat nomor kedutaan, polisi, serta rumah sakit di setiap daerah yang kamu kunjungi.

Jangan ragu untuk berobat, jika sakit terus berlanjut. Kamu tak perlu khawatir dengan biaya rumah sakitnya dengan memiliki FWD Hospital Care Protection yang berlaku di seluruh dunia dengan limit booster hingga Rp75 miliar! Selengkapnya di sini!


Jadi, sudah siap bepergian? Yuk, mulai atur rencana perjalanan demi kelancaran liburan! Ketika persiapan sudah matang, yang perlu kamu lakukan berikutnya adalah bersenang-senang. Selamat berlibur, passionate people!