ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Tubuh kehilangan cairan

Ternyata, terbang lebih dari 10 jam membuat kita kehilangan 4% cairan tubuh. Rata-rata wanita kehilangan 1,6 liter air, dan pria sekitar 2 liter akibat kurangnya kelembapan dalam kabin, yang bahkan lebih kering dari Gurun Sahara!

Jadi, ingat untuk minum air putih yang banyak ya selama penerbangan!

 

2. Terbang hingga >18 jam

Untuk yang gak suka transit atau layover, pastinya lebih memilih direct flight. Nah, saat ini, rekor penerbangan terpanjang dipegang oleh Singapore Airlines dengan rute Newark–Singapore.

Perjalanan sepanjang 15.343 km ini memakan waktu 18 jam 38 menit. 

 

3. Pilot dan pramugari tidur di pesawat

Dalam penerbangan panjang, pilot dan pramugari atau pramugara juga perlu tidur loh. Di pesawat, seperti Boeing 777 dan 787, ada ruangan khusus untuk mereka beristirahat di atas kasur.

 

4. Tahan petir

Jangan takut tersambar petir. Faktanya, setiap pesawat terkena petir sekitar satu tahun sekali. Kamu gak perlu was-was, karena badan pesawat telah dibangun khusus untuk menahan petir. 

 

5. Terbang berpengaruh pada indra perasa

Udara yang kering dan tekanan rendah dalam pesawat mengurangi sensitivitas rasa manis dan asin hingga 30%. Gak heran, jika makanan pesawat sering dicap tawar, karena indra perasa kita mengalami perubahan ini saat di atas ketinggian 30.000 kaki.

 

6. Menu makan co-pilot berbeda

Sebagian besar maskapai memberlakukan aturan kalau menu pilot dan co-pilot harus berbeda. Jadi, jika salah satu sakit akibat keracunan makanan, pilot yang satu lagi tetap sehat untuk menerbangkan pesawat.

 

7. Udara di pesawat bersih

Percaya gak ternyata udara yang kita hirup di pesawat tergolong bersih? Faktanya, sekitar 40% udara pesawat disaring menggunakan sistem HEPA (high efficiency particulate air). Selama penerbanganmu, udara akan berubah setiap tiga menit.

 

Jadi, sudah siap traveling dengan pesawat? Sebelum mulai jalan-jalan, jangan lupa untuk lengkapi diri dengan asuransi kecelakaan Bebas Aksi yang berlaku di seluruh dunia.

 

Asuransi ini melindungi dengan manfaat hingga Rp1 miliar. Preminya terjangkau, mulai dari Rp30 ribu/bulan. Daftar, beli, dan klaim bisa dilakukan secara online di sini!