ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Siapkan Paspor

Umumnya, paspor masih bisa digunakan hingga tersisa 6 bulan dari tanggal kedaluwarsa. Jika masa berlaku paspor hampir habis, segera ganti paspormu, ya!

 

2. Cek Ketentuan Visa

Setiap negara punya aturan yang berbeda-beda. Ada negara-negara yang membebaskan visa, dan ada yang mengharuskan kamu memiliki visa. 

Pertama, kunjungi website kedutaan besar negara tujuan untuk mengetahui info visa dan dokumen yang diperlukan. Kamu akan diminta untuk mengisi data diri dan reservasi jadwal verifikasi atau wawancara. 

 

3. Siapkan Dokumen

Sambil menunggu jadwal wawancara, siapkan dokumen, seperti paspor, KTP, KK, formulir permohonan, pas foto, bukti pembayaran visa, surat keterangan sponsor, surat keterangan kerja atau belajar, dokumen keuangan, bukti pemesanan tiket, hingga itinerary.

 

4. Buat Agenda Perjalanan

Agar mengeksplor negara tujuan bisa lebih maksimal, lakukanlah riset di internet ataupun media sosial! Catat spot wisata yang wajib didatangi, serta moda transportasi yang umum dipakai. Cek juga hari buka dan jam operasionalnya, ya!

 

5. Cek Review hotel

Setelah lelah berkeliling, tentunya kita ingin beristirahat di penginapan yang bersih dan nyaman. Nah, untuk mendapatkan pengalaman menginap terbaik, selalu cek review hotel, ya.

Perhatikan juga apakah lokasinya strategis dan dekat dengan tempat wisata yang ingin kamu kunjungi.

 

6. Jaga Diri

Agar terhindar dari risiko kejahatan, selalu jaga barang bawaanmu! Hindari menyimpan gadget atau dompet di saku belakang, atau meninggalkan tas di lantai atau kursi.

Cari tahu juga info tentang Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di negara tujuan. Jika terjadi kondisi darurat, seperti kerusuhan atau bencana alam, pihak Kedubes bisa menghubungi kamu.

Jika paspor hilang di luar negeri, buatlah laporan ke petugas setempat, lalu pergi ke Kedutaan Besar atau Konsulat RI untuk proses pengurusannya. 

 

Jadi, Sudah Siap Jalan-Jalan?

Tanpa pakai tur, kamu tetap bisa menikmati perjalanan, kok! Pengaturan waktunya lebih fleksibel, pilihan spot wisatanya pun lebih sesuai selera.

 

Perjalananmu juga dijamin bebas dari rasa was-was dengan proteksi asuransi. Jika harus mendapatkan penanganan medis, kamu tak perlu takut dengan biaya rumah sakitnya dengan memiliki asuransi kesehatan FWD Hospital Care Protection.

 

Asuransi yang berlaku di seluruh dunia ini menawarkan Limit Booster hingga Rp75 miliar! Kamu pun bisa klaim secara cashless manfaat rawat inap dan rawat jalan. Selengkapnya di sini!