ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Makanan adalah kebutuhan pokok


businessdaily24.com

Manusia tidak lepas dari kebutuhan utama berupa sandang, pangan, dan papan. Dibanding kebutuhan tempat tinggal dan pakaian, makanan adalah kebutuhan utama yang mendesak dan akan selalu berusaha dipenuhi. Untuk membeli makanan juga tidak diperlukan merogoh kocek dalam-dalam, sehingga manusia jelas akan selalu mencari makanan.

Bisnis kuliner memanfaatkan potensi ini dengan baik. Berbagai vendor makanan tidak pernah cukup bagi keinginan manusia yang tak pernah habis. Sebagai salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi, seseorang sudah pasti akan mencari makanan setiap harinya. Hal ini kemudian yang menjadi keuntungan dari bisnis kuliner karena pelanggannya akan selalu ada. Tinggal bagaimana kamu bisa memanfaatkan peluang ini dengan sebaik-baiknya.


Tidak perlu modal besar


schoolofartisanfood.com

Apabila dibandingkan dengan bisnis lainnya, seperti bisnis properti dan fashion, bisnis makanan bisa dikatakan tidak memerlukan modal besar. Tentu saja untuk membuka kafe dan restoran besar memerlukan dana yang tidak murah. Tetapi bisnis kuliner bisa dimulai dengan modal seminimal mungkin. Kamu bisa memulainya dengan membuka warung atau menjajakannya secara online. Dengan modal yang minimal dan pembeli yang selalu ada, tidak heran bila banyak restoran besar yang berawal dari pedagang kaki lima dan warung-warung pinggir jalan.

Modal yang minimal juga menjadi keuntungan dari bisnis kuliner karena kamu tidak perlu takut rugi besar apabila produkmu tidak laku di pasaran. Bisnis kuliner juga memiliki margin profit yang besar. Saat ini, banyak masyarakat yang tak lagi keberatan membayar mahal untuk seporsi makanan lezat. Dengan modal yang sedikit dan dijual dengan harga bersaing, bisnis kuliner bisa meraup keuntungan hingga 50% dari modal awal bahkan sampai 100%. Padahal bisnis lain biasanya hanya mendapat untung sekitar 20-30% saja.  

Makanan menjadi tren


assets.enterpreneur.com

Dengan adanya media sosial, masyarakat dapat dengan mudah membagikan apa pun yang diinginkannya. Kehidupan media sosial kemudian memunculkan trend baru dimana sebelum makan sesuatu, tidak afdol rasanya bila tidak diabadikan terlebih dahulu dan dibagikan nanti pada akun media sosial. Makanan dengan plating yang bagus dan artsy akan menarik minat orang lain. Namun, ada pula tipe orang yang gemar mencari makanan yang aneh dan unik untuk dibagikan kepada para followersnya.

Di media sosial, berbagai brand makanan kerap memberikan promo dan diskon yang dapat menaikkan nama produknya. Strategi pemasaran melalui media sosial ini kemudian menjadikan “makan cantik” sebagai salah satu gaya hidup yang harus dilakukan. Makanan bukan lagi dilihat sebagai kebutuhan pokok saja, tetapi juga dianggap sebagai seni. Banyak orang yang meluangkan waktunya hanya untuk mencari makanan terbaik dan terunik.

Tren makanan yang sedang berlangsung saat ini adalah peluang bisnis yang menjanjikan. Ada berapa banyak orang yang mengikuti trend makanan dan menggandrungi vendor makanan serta tidak takut mencoba makanan baru? Hampir semua orang tidak lagi melihat makanan hanya untuk mencukupi kebutuhan, mereka mencari sesuatu yang lebih dan bisa memuaskan dirinya.

Kemudahan dalam memilih tempat


rd.com

Bisnis kuliner tidak memiliki pakem tertentu dalam pelaksanaanya. Pebisnis dapat memilih model tempat seperti apa yang diinginkan tergantung dari target pasarnya. Maka, untuk menemukan lokasi berjualan menjadi lebih mudah karena pebisnis punya banyak pilihan yang tak terbatas. Kamu bisa menggunakan tempat berukuran kecil saat baru memulai dengan modal minimal. Saat ini sedang marak model tempat makanan yang hanya melayani takeaway dan tidak menyediakan tempat untuk nongkrong. Model yang seperti ini pun sedang trend dan banyak peminatnya.

Bisnis online yang mulai bermunculan juga menantang para pebisnis kuliner agar tetap bisa bertahan. Trend yang kemudian marak terjadi adalah penambahan layanan antar. Dengan berkolaborasi bersama aplikasi ojek online, bisnis kulinermu bisa dengan mudah dikenal tanpa harus memilih tempat yang strategis untuk berjualan. Selain seringkali susah untuk mendapatkan lokasi strategis, harga sewanya juga tentu saja menjadi lebih mahal.

Pemilihan tempat ini sama sekali tidak terbatas. Kalau kamu memiliki target pasar kelas menengah ke atas, kamu dapat membuka restoran atau kafe pertamamu di tempat-tempat yang luas dan strategis. Dibandingkan bisnis fashion yang jarang dilirik bila didirikan di pinggir jalan dan lebih menarik ditaruh di dalam mall, bisnis kuliner jauh lebih fleksibel. Kamu bisa mencoba peruntungan dengan membangun kafe atau restoran di pinggir jalan besar yang strategis atau menyewa di dalam mall. Sangat mudah, bukan?

Dapat melakukan berbagai inovasi


awsimages.detil.net.id


Makanan bukan lagi sekedar kebutuhan pokok. Kamu pasti sudah tidak asing dengan trend makanan pedas yang semakin lama semakin banyak variasinya. Mulai dari indomie yang diberi cabai hingga ratusan sampai fried chicken yang diberi bumbu dengan berbagai level. Ini baru trend makanan pedas. Masih ingat dengan gandrungnya es kepal milo yang antriannya sampai berjam-jam? Atau, apakah kamu masih sering melihat jingle tahu bulat yang biasanya lewat di jalan-jalan? Kenapa sih mereka menjadi begitu laku? Kuncinya adalah dengan melakukan inovasi.

Kebutuhan makan setiap hari membuat masyarakat kerap kali bosan dengan menu yang itu-itu saja. Padahal kalau diperhatikan, sebenarnya variasi menu yang sedang trend saat ini juga berasal dari bahan makanan yang itu-itu saja. Variasi menu bergantung dari kelihaian pebisnis kuliner dalam berinovasi karena melakukannya ternyata cukup mudah, lho!

Setelah membaca berbagai alasan kamu harus membuka bisnis kuliner, apakah kamu sudah yakin untuk membangun kerajaan bisnis kulinermu? Jangan lupa lakukan persiapan dengan matang agar produkmu laku keras di pasaran, ya!