ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Cup

Untuk yang suka baking, pasti sudah gak asing sama kata ini! Satu cup berarti satu cangkir. Jika dikonversikan ke ukuran gram, perhatikan penggunaannya ya.


Untuk tepung dan gula halus, 1 cup = 130 gram dan ½ cup = 60 gram, sedangkan untuk takaran tepung roti protein tinggi, 1 cup = 135 gram dan ½ cup = 50 gram.


Untuk mentega dan butter, 1 cup = 225 gram, dan untuk gula merah, 1 cup = 180 gram. Khusus untuk cairan, 1 cup = 250 ml dan ½ cup = 120 ml.

 

2. Pinch

Jika diterjemahkan, pinch berarti sejumput. Kamu bisa dapatkan jumlah ini dengan menjepit bahan, seperti garam dengan jari. Alternatifnya, 1 pinch = 1/8 sendok teh.

 

3. Ounce

Ounce (oz) atau ons sama dengan 28,349 gram. Untuk 1 cup seukuran 240 ml setara dengan 8 ons.

 

4. Pound

Nah, 1 pound setara dengan 453,6 gram. Satuan pound biasanya disingkat menjadi lb.

 

5. Singkatan umum

Dalam setiap resep, kamu akan sering menemukan singkatan takaran. Sebagai contoh, ml = cc, tbs = sendok makan, dan tsp = sendok teh.

 

6. Zest

Istilah zest sendiri berarti parutan di bagian kulit buah, seperti lemon atau jeruk nipis. Bahan makanan, seperti lemon zest biasa dipakai untuk menambah aroma masakan. 

 

7. Julienne

Jenis potongan sayuran ini berbentuk memanjang dengan ukuran sekitar 3 x 1 x 1 cm. Julienne cut juga biasa disebut potongan korek api.

 

8. Blanch

Teknik yang satu ini dilakukan dengan mencelupkan sayur segar ke air mendidih, kemudian memasukkannya ke air es. Blanch dilakukan agar tekstur dan warna tetap seperti sayuran segar, namun lebih lunak dan mudah dimakan.

 

9. Mince

Mince dapat diartikan sebagai cincang tipis dengan ukuran yang seragam. Jenis potongan ini cocok untuk bawang bombai dan bawang putih.

 

10. Saute

Berbeda dengan fry atau menggoreng, teknik saute lebih berupa memasak dengan panas yang tinggi, minyak yang sedikit, dan dalam waktu yang singkat.

 

Setelah mengenal istilah-istilah memasak ini, kamu bisa bebas mengulik resep-resep dari menu lokal hingga internasional. Jadi, kamu gak perlu bingung lagi, karena internet selalu punya jawabannya.

 

Kemudahan mencari segala sesuatu secara online ini juga bisa kamu rasakan saat berbelanja, termasuk saat membeli asuransi kesehatan, seperti Asuransi Bebas Handal.

 

Asuransi kesehatan berbasis syariah ini memiliki manfaat rawat inap yang lengkap hingga Rp100 juta/tahun. Kontribusinya pun terjangkau, mulai dari Rp75 ribu/bulan dan bisa didapatkan secara online di sini!