ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1.      Buat Estimasi Biaya Pensiun

Langkah pertama adalah buat perkiraan biaya bulanan keluarga ketika kamu pensiun. Mulailah dengan menghitung biaya tempat tinggal, makan, pakaian, kebutuhan rumah tangga, transportasi, asuransi, dan medis.

 

2.      Hitung Tabungan yang Diperlukan

Umumnya, kamu perlu kumpulkan 25–30 kali pengeluaran tahunanmu untuk dana pensiun. Alternatifnya, kamu bisa bagi pengeluaran tahunanmu dengan 3% atau 4%.

Lalu, hitunglah berapa yang perlu kamu tabung setiap bulannya untuk pensiun di usia yang kamu inginkan.

 

3.      Tentukan Prioritas

Untuk pensiun dini, pengorbanan perlu dilakukan dengan menentukan prioritas, apakah kamu ingin menikmati hidup sekarang atau nanti saat pensiun. Jika ingin dapatkan keduanya, kamu perlu kompromi.

Sebagai contoh, jika biasanya kamu berlibur setiap tahun, kamu bisa menabung lebih banyak dengan berlibur setiap dua tahun dan menginvestasikan uang ekstramu.

 

4.      Sesuaikan Budget-mu

Lalu, buatlah budget agar kamu tahu ke mana uangmu pergi dan bagian mana yang bisa kamu kurangi. Nah, selain dengan mengurangi pengeluaran, kamu juga bisa mencapai dana pensiun dini dengan menambah penghasilan.

 

5.      Melunasi Utang

Pensiun dini juga mensyaratkan kamu untuk bebas dari utang, khususnya cicilan rumah. Utamakanlah untuk melunasi utang terlebih dulu, karena bunga utang bisa jadi lebih tinggi dari bunga tabunganmu.

Lalu, prioritaskan untuk menyelesaikan utang dengan tingkat bunga tertinggi.

 

6.      Investasi

Jika kamu sudah melunasi utang dan memiliki dana darurat sebesar 3–6 bulan pengeluaran, ini waktunya kamu investasikan 15% pendapatanmu untuk pensiun. Kalau ingin pensiun dini, alokasikanlah lebih banyak untuk berinvestasi.

Karena waktu persiapan dana pensiun dini lebih sempit, kamu perlu memilih investasi dengan risiko yang lebih kecil. Namun, kamu bisa sisihkan untuk saham jika kamu berani ambil risikonya.

Ketika mendekati target usia pensiun, pindahkanlah sebagian tabungan sebesar 1–2 tahun biaya hidup ke sesuatu yang lebih likuid. Lalu, biarkan sisa investasimu tetap berkembang.

 

Mulai Siapkan Pensiun Nyaman Sekarang!

Pensiun tidak harus menunggu kamu tua, kok! Kamu bisa lho pensiun dengan nyaman di usia 40-an atau 50-an dengan disiplin keuangan. Nah, untuk safety net finansial, kamu juga bisa memiliki asuransi jiwa FWD Whole Life Protection.

Pada usia ke-75, terdapat Manfaat Hidup sebesar 50% Uang Pertanggungan untuk wujudkan masa tua impian. Sisanya akan diberikan jika terjadi risiko terminal illness atau meninggal dunia.   

Ada diskon premi hingga 25% untuk plan regular dan special rate untuk plan jumbo, khusus untuk kamu yang memilih Uang Pertanggungan yang lebih tinggi. Cek selengkapnya di sini!