ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Mulai menabung

Semakin cepat, semakin baik! Kamu bisa segera menabung setiap bulannya, agar uangmu memiliki waktu untuk berkembang saat diinvestasikan.

Tentukan prioritas dengan menyesuaikan kembali budget-mu, ya! Yang terpenting, kamu teguh pada komitmen untuk rutin menabung hingga hari tua.

 

2. Kenali kebutuhan pensiun

Lalu, berapa banyak yang harus ditabung? Nah, para ahli memperkirakan, orang membutuhkan sekitar 70–90 persen dari pendapatan sebelum pensiun untuk mempertahankan gaya hidupnya.

Dari situ, kamu bisa melakukan estimasi berapa yang perlu kamu tabung  per bulannya untuk masa pensiun yang nyaman selama 20 tahun atau lebih.

 

3. Pertimbangkan investasi

Untuk tabungan hari tua, kamu juga harus pertimbangkan faktor inflasi dan jenis investasi. Lakukan juga diversifikasi untuk mengurangi risiko dan meningkatkan keuntungan!

Tak hanya dengan deposito, pelajarilah opsi investasi lainnya, seperti reksa dana atau saham. Perhitungkan juga faktor usia dan jangka waktu investasi. Sebagai contoh, jika target pensiun masih di atas 10 tahun, opsi saham dinilai lebih menguntungkan. 

 

4. Pisahkan tabungan pensiun

Hindari menarik uang hari tua untuk kebutuhan lainnya, ya! Jika memungkinkan, simpan tabungan pensiun di rekening atau pos terpisah dari kebutuhan sehari-hari atau gol finansial lainnya.

 

5. Bekerja lebih lama

Jika usiamu sudah mendekati masa pensiun, namun tabungan belum tercukupi, pertimbangkan untuk tetap bekerja selama beberapa saat lagi demi menambah dana pensiunmu.

 

6. Menambah penghasilan

Selain menabung, kamu juga bisa meningkatkan pendapatan dengan bekerja sebagai konsultan, memiliki bisnis sampingan, atau menjual barang tak terpakai.

 

7. Bayangkan masa depan impian

Agar kamu tetap semangat menabung, temukan aktivitas atau harapan yang ingin kamu wujudkan di hari tua. Sebagai contoh, jalan-jalan ke negeri impian, pindah ke kampung halaman, atau sekadar bersantai bersama anak cucu.

 

8. Siapkan wasiat

Tak ada kata-kata “terlalu cepat” untuk menulis surat wasiat. Kamu pun akan merasa lebih tenang, ketika persiapan pembagian harta sudah dilakukan sedini mungkin.

 

Salah satu kunci memasuki masa pensiun yang tenang adalah mempersiapkan warisan untuk keluarga. Nah, asuransi jiwa FWD Whole Life Protection menawarkan proteksi jiwa, sekaligus dana untuk wujudkan masa tua impian.

 

Pada usia ke-75, kamu akan mendapatkan Manfaat Hidup sebesar 50% Uang Pertanggungan untuk menikmati masa pensiunmu. Sisa 50%-nya akan diberikan, jika terjadi risiko terminal illness atau meninggal dunia.  

 

Ada diskon premi hingga 25% untuk plan regular dan special rate untuk plan jumbo, khusus untuk kamu yang memilih Uang Pertanggungan yang lebih tinggi. Cek selengkapnya di sini!