ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Keuntungan Bisnis Kontrakan

Bisnis ini sangat berpotensi untuk berjalan dalam jangka waktu panjang. Tak heran, kalau bisnis kontrakan banyak digemari orang. Yuk, simak dulu keuntungannya!

1. Masa sewa panjang

Rumah kontrakan pada umumnya disewakan dengan periode yang lebih panjang, seperti satu tahun, atau minimum enam bulan. Model bisnis ini memungkinkan kamu untuk lebih leluasa dan tidak perlu repot mencari calon penghuni setiap bulannya.

 

2. Minim risiko gagal bayar

Uang sewa yang didapatkan bisnis kontrakan biasanya lebih besar dibandingkan kos-kosan. Pembayarannya pun biasanya langsung dilakukan di awal.

 

3. Permintaan tinggi 

Demand untuk sewa rumah tergolong tinggi, apalagi jika berada di kawasan yang dekat dengan akses tol, mall, jalan utama, terminal, sekolah, atau perkantoran.

 

4. Harga cenderung meningkat

Biasanya, harga sewa per tahun ditetapkan sekitar 5% dari harga rumah. Sebagai contoh, jika harga rumah Rp2 miliar, maka uang sewanya adalah Rp100 juta per tahun. Setiap tahunnya, harga sewa kontrakan umumnya meningkat, mulai dari 5–15%. 

Kuncinya adalah lakukan survei harga pasaran di wilayah sekitar, agar harga propertimu tidak terlalu rendah atau terlalu mahal. 

 

Kekurangan Bisnis Kontrakan

Walau sekilas terlihat serba menguntungkan, bisnis kontrakan juga memiliki sisi lain yang perlu diantisipasi. Yuk, kita bahas kekurangannya!

 

1. Kerusakan properti

Kamu juga wajib siapkan dana untuk renovasi, apalagi jika ada kerusakan, seperti plafon bocor atau dinding yang retak. Kerusakan yang bukan merupakan kesalahan penyewa merupakan tanggung jawab pemilik kontrakan.

Jika memungkinkan, miliki juga asuransi properti yang mencakup proteksi dari kebakaran atau kemalingan.

Selain itu, buatlah kontrak perjanjian dengan penyewa, terkait kerusakan properti, lalu berlakukan sistem deposit di muka. Uang ini akan dikembalikan ke penyewa di akhir masa kontrak, jika tak ada kerusakan ataupun kehilangan di propertimu. 

 

2. Risiko penyewa jahat

Dalam kasus-kasus di luar dugaan, kontrakan bisa digunakan untuk hal-hal berbau kriminal, seperti penyimpanan obat terlarang atau sarang teroris.

 

Jadi, masih tertarik untuk bisnis kontrakan? Usaha ini memang banyak digemari dengan harapan bisa menjadi uang tambahan di masa pensiun.

 

Untuk kamu yang ingin menjamin masa tua yang nyaman, dan tentunya mengurangi risiko keuangan keluarga, miliki asuransi jiwa FWD Whole Life Protection.

 

Pada usia ke-75, kamu dapat memilih untuk bisa akan mendapatkan Manfaat Hidup sebesar 50% Uang Pertanggungan untuk wujudkan masa tua impian, seperti memiliki kontrakan ataupun jalan-jalan. Sisa Uang Pertanggungannya akan diberikan jika terjadi risiko terminal illness atau meninggal dunia.  

 

Ada diskon premi hingga 25% untuk plan regular dan special rate untuk plan jumbo, khusus untuk kamu yang memilih Uang Pertanggungan yang lebih tinggi. Cek selengkapnya di sini!