ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Tentukan gol

Setiap orang punya standar kebebasan finansial yang berbeda. Pertama, tuliskan gol finansialmu dengan spesifik.

Misalkan, berapa besar tabungan dan investasi yang harus dimiliki, gaya hidup dan pengeluaran saat pensiun, serta pada usia berapa gol ini harus dicapai.

 

2. Budgeting

Langkah yang satu ini penting untuk mengetahui bagaimana cara kamu mencapai tujuan sesuai dengan target usia pensiun yang kamu harapkan.

Dengan budgeting, kamu bisa mengontrol besar pengeluaran, tabungan, dan dana-dana masa depan lainnya, seperti pendidikan, rumah, atau pensiun.

 

3. Review rencana keuangan

Strategi kamu juga perlu di-review secara berkala untuk mengetahui progress-nya, misalkan apakah investasimu sudah memberikan return yang sesuai dengan golmu?

Rencanamu juga bisa diatur ulang, jika ada perubahan besar dalam hidupmu, seperti membeli rumah, menikah, memiliki anak, kenaikan gaji, dan lain sebagainya.

 

4. Memiliki pendapatan pasif

Salah satu cara membangun kekayaan dan melunasi utang lebih cepat adalah memiliki lebih banyak pendapatan pasif setiap bulannya.

Passive income yang bisa kamu coba adalah menyewakan kamar atau rumah, dividen dari saham, atau usaha sampingan.

 

5. Mulai berinvestasi

Jika kebutuhanmu sudah terpenuhi dan utang sudah dilunasi, uang ekstramu bisa dialokasikan untuk investasi.

Pahami dulu cara kerja investasi, kemudian cek juga apakah platform terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Start small dan jangan ragu untuk menanyakan konsultan keuangan untuk perencanaan investasimu.

 

6. Menjaga kesehatan

Investasi tidak terbatas pada saham atau reksa dana aja loh, tetapi juga kesehatan. Lakukan medical checkup secara rutin dan ikuti saran dari dokter.

Banyak masalah kesehatan yang bisa dicegah dengan perubahan gaya hidup, misalkan lebih sering berolahraga atau mengonsumsi makanan sehat.

Bekerja keras boleh aja, tetapi jangan lupakan kesehatanmu. Jangan sampai uang yang kamu tabung malah terkuras karena biaya rumah sakit yang tinggi.

 

Langkahmu menuju kebebasan finansial juga bisa semakin mudah dengan mengeliminasi risiko finansial akibat kecelakaan atau masalah kesehatan dengan FWD LooP, asuransi lengkap dengan manfaat meninggal, kecelakaan, penyakit kritis, rawat inap hingga investasi.


Preminya mulai dari Rp250 ribu/bulan dan 100% premi kamu akan diinvestasikan sejak tahun pertama sehingga hasilnya maksimal. Cari tahu lebih lanjut di https://www.ifwd.co.id/fwdloop.



Sumber:

https://www.investopedia.com/articles/personal-finance/112015/these-10-habits-will-help-you-reach-financial-freedom.asp

https://www.forbes.com/sites/forbescoachescouncil/2021/12/13/seven-better-money-habits-for-long-term-financial-freedom/?sh=7e576fd75b99

https://savology.com/good-financial-habits

https://savology.com/good-financial-habits

https://www.forbes.com/sites/forbescoachescouncil/2021/12/13/seven-better-money-habits-for-long-term-financial-freedom/?sh=7e576fd75b99

https://www.investopedia.com/articles/personal-finance/112015/these-10-habits-will-help-you-reach-financial-freedom.asp