ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Mengapa perlu sunscreen?

Cahaya matahari memancarkan radiasi ultraviolet atau sinar UV. Nah, dampak dari sinar UVA adalah penuaan dini, seperti kerutan dan bintik-bintik kecokelatan, sedangkan UVB menyebabkan kulit terbakar 

Paparan berlebihan dari kedua sinar ini bisa mengakibatkan kanker kulit. Jadi, pemakaian sunscreen sangatlah diperlukan. Untuk wajah, pastikan kamu memakai kira-kira sebanyak setengah sendok teh sunscreen jenis lotion, ya. 

 

Apa itu chemical sunscreen?

Sunscreen jenis ini mengandung oxybenzone, avobenzone, homosalate, dan octinoxate yang masuk ke dalam kulit. Cara kerjanya adalah menyerap sinar UV dan mengubahnya ke panas yang tak berbahaya.

Kelebihan: Sunscreen ini mudah menyatu dengan kulit. Formulanya ringan dan cocok digabungkan dengan moisturizer dan makeup.

Kekurangan: Kandungannya biasanya mencakup pengawet, pewarna, dan pewangi yang bisa membuat iritasi. Jenis ini juga disebut memiliki dampak buruk untuk laut dan batu karang.

 

Lalu, bagaimana dengan mineral sunscreen?

Dikenal juga dengan nama physical sunscreen, jenis ini berada di lapisan luar kulit dan bertugas memantulkan sinar matahari yang berbahaya.

Kelebihan: Sunscreen ini memiliki risiko iritasi yang lebih sedikit, sehingga cocok untuk jenis kulit sensitif, berminyak, atau berjerawat. Tipe ini juga disebut tidak merusak lingkungan.

Kekurangan: Mineral sunscreen cenderung meninggalkan warna putih atau abu-abu pada kulit.

 

Bagaimana cara memilih sunscreen?

Ketika berbelanja, kamu bisa mempertimbangkan hal-hal berikut ini!

1. Broad spectrum

Pilihlah sunscreen broad spectrum yang bisa menjaga kulitmu dari sinar UVA dan UVB sekaligus dalam satu produk.

 

2. Pertimbangkan SPF

Bingung pilih SPF? Nah, SPF 15 menangkal sekitar 93 persen sinar UVB, sedangkan SPF 30 mampu menangkal 97 persen! Pastikan untuk memakai sunscreen setengah jam sebelum beraktivitas dan aplikasikan ulang setiap dua jam, ya!

 

3. Pilih jenis lotion

Sunscreen jenis lotion dinilai lebih aman dibandingkan jenis lainnya. Walau spray atau bedak lebih mudah untuk dipakai, sunscreen jenis ini sebaiknya dihindari agar tidak terhirup dan mengurangi risiko paparan terhadap paru-paru.

 

Jadi, sudah siap hunting sunscreen? Saat berbelanja secara online, pastikan kamu mengecek review-nya dulu, ya!

 

Di era digital ini, membeli kebutuhan apa pun bisa kamu lakukan dengan mudah, termasuk saat berbelanja asuransi kecelakaan Bebas Aksi. Asuransi yang berlaku di seluruh dunia ini bisa melindungi kamu dari risiko kecelakaan saat sedang liburan atau melakukan hobi, lho!

 

Manfaatnya hingga Rp1 miliar dengan premi yang terjangkau, mulai dari Rp30 ribu/bulan. Daftar, beli, dan klaim bisa dilakukan secara online di sini!