ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Trinity College Library, Dublin, Irlandia

Didirikan pada tahun 1592 oleh Ratu Elizabeth I, perpustakaan tertua di Irlandia ini terkenal akan desain ruangannya, yang dikenal dengan nama “Long Room”.

Salah satu manuskrip yang menjadi atraksi utamanya adalah “The Book of Kells: Turning Darkness into Light”, yang berisikan empat Injil dalam bahasa Latin.

 

2. Bibliotheca Alexandrina, Alexandria, Mesir

Gedung ini adalah versi modern dari Royal Library of Alexandria, yang merupakan perpustakaan terbesar dan paling berpengaruh di dunia Yunani.

Tak hanya berisikan buku, perpustakaan ini juga memiliki museum dengan koleksi barang antik, manuskrip, dan pameran permanen, seperti “Arabic Calligraphy” atau “The History of Printing”.

 

3. Abbey Library of Saint Gall, St. Gallen, Swiss

Bangunan yang didirikan sejak 719 M ini masuk dalam daftar UNESCO World Heritage. Lebih dari 150.000 bukunya berasal dari Abad Pertengahan loh.

Nah, siap-siap untuk terkesima ya! Perpustakaan yang satu ini memiliki gaya Rococo, dengan langit-langit yang tergambar cantik.

 

4. Admont Abbey Library, Austria

Terletak di bagian tenggara Austria, perpustakaan ini didominasi dengan interior putih dan emas, serta langit-langit cantik yang menceritakan fase pengetahuan manusia.

Bangunan ini juga menampung pahatan legendaris karya Josef Stammel, yakni The Four Last Things, yang menggambarkan kematian, surga, neraka, dan penghakiman terakhir.

 

5. Tianjin Binhai Library, China

Perpustakaan ini memiliki desain futuristik dengan rak melengkung yang dipenuhi buku dari lantai hingga langit-langitnya.

Terdiri dari lima lantai, gedung ini mempunyai kapasitas lebih dari satu juta buku, yang saat ini baru terisi seperempatnya.

 

6. Library of Congress, Washington, DC, Amerika Serikat

Selain untuk riset, perpustakaan nasional yang satu ini juga ramai dikunjungi untuk wisata.

Perpustakaan ini memiliki koleksi lebih dari 32 juta buku, 61 juta manuskrip, draf kasar Deklarasi Kemerdekaan, hingga surat kabar dari tiga abad terakhir.

 

Sudah siap menelusuri koleksi antik di perpustakaan-perpustakaan ini? Saat kamu traveling nanti, perhatikan protokol kesehatan dan peraturan yang berlaku di daerah tujuan ya.

 

Selain itu, agar kamu aman dari risiko kecelakaan saat perjalanan, milikilah asuransi kecelakaan Bebas Aksi yang berlaku di seluruh dunia dengan manfaat hingga Rp1 miliar!

 

Preminya terjangkau, mulai dari Rp30 ribu/bulan. Daftar, beli, dan klaim bisa dilakukan secara online. Selengkapnya di https://www.fwd.co.id/products/accident/bebas-aksi/.



Sumber :

https://edition.cnn.com/travel/article/coolest-libraries-world/index.html

https://edition.cnn.com/travel/article/coolest-libraries-world/index.html

https://www.forbes.com/sites/sandramacgregor/2019/11/03/top-six-of-the-worlds-most-beautiful-libraries/?sh=7ef7361a6f22

https://www.klook.com/en-MY/blog/most-beautiful-libraries-in-the-world/

https://www.klook.com/en-MY/blog/most-beautiful-libraries-in-the-world/

https://www.thebestcolleges.org/amazing-libraries/