ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Pilih destinasi

Ketika berlibur bersama keluarga, kamu harus mempertimbangkan preferensi setiap orang. Cek kembali apakah destinasi dan musim di negara tujuan cocok dengan anak, orang tua, atau pasangan.

 

2. Booking lebih awal

Untuk perjalanan yang lebih tenang, kamu bisa pesan hotel, pesawat hingga tiket atraksi lebih awal, ya! Dengan persiapan dari jauh-jauh hari, kamu bisa membandingkan harga, dan bahkan mendapatkan diskon besar di event maskapai atau travel!

 

3. Siapkan snack

Jangan sampai anak kelaparan dan cranky saat jalan-jalan. Bawalah beberapa snack kesukaannya untuk mengantisipasi jika mereka tidak cocok dengan makanan lokal.

Snack untuk orang dewasa juga penting untuk kamu ngemil ketika delay, macet, atau lapar di tengah jalan!

 

4. Bawa obat-obatan

Upayakan untuk selalu bawa obat-obatan pribadi dalam jumlah yang cukup selama berlibur. Selain itu, perlengkapan pertolongan pertama juga bisa kamu siapkan!

Bawalah juga obat sakit kepala, alergi, sakit perut, atau mabuk kendaraan.

 

5. Siapkan hiburan

Perjalanan yang panjang tentunya akan terasa membosankan. Siapkan tablet, handphone, serta video game untuk hiburan. Alternatifnya, kamu bisa bawa mainan atau buku. Agar makin nyaman, siapkan headphone juga, ya!

 

6. Pantau anak

Dalam kondisi yang tak terduga, kamu bisa terpisah dengan anak. Untuk mengantisipasi hal ini, kamu bisa gunakan GPS tracker atau gunakan fitur GPS di gadget-mu dan anak untuk mengetahui posisi masing-masing.

Simpan informasi kontakmu, seperti nama, nomor telepon, e-mail, dan alamat hotel di kantong pakaian anak atau tas mereka.

 

7. Beli kartu SIM lokal

Untuk koneksi internet yang lebih cepat dan mudah, kamu bisa membeli kartu SIM di negara tujuan, ya! Dalam keadaan terpisah, kamu bisa menghubungi satu sama lain.

 

8. Miliki asuransi kesehatan

Jika kamu sakit di negeri orang, kamu tak perlu khawatir kalau memiliki asuransi kesehatan yang berlaku di seluruh dunia, seperti FWD Hospital Care Protection.

Kamu bisa klaim secara cashless untuk manfaat rawat inap dan rawat jalan. Jangan takut dengan biaya rumah sakit yang mahal, karena ada limit booster hingga Rp75 miliar. Selengkapnya di sini!