ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Besar Pasak daripada Tiang

Jika ingin keuangan sehat, upayakan untuk mengurangi pengeluaran, sehingga tidak lebih dari pendapatan! Golnya adalah menabung sekitar 20% dari penghasilanmu per bulannya. Untuk mewujudkannya, coba deh lakukan budgeting.

 

2. Tidak Mengikuti Budget

Ketika sudah membuat budget, usahakan untuk menjaga pengeluaran sesuai dengan pos-pos yang sudah kamu bagi. Langkah berikutnya adalah pantau setiap bulannya di area mana yang sering over budget dan evaluasi kembali rencana keuanganmu.

 

3. Tidak Punya Gol yang Spesifik

Agar kamu tahu berapa banyak yang harus ditabung, tentukan dulu tujuan keuanganmu, misalkan untuk liburan, nonton konser, dana darurat, dana pensiun, atau dana pendidikan. Dengan menentukan gol, kamu pun bisa lebih mudah saat membuat budget.

 

4. Langganan Jarang Dipakai

Baik itu membership gym atau layanan streaming, uangmu akan mubazir jika jarang terpakai. Agar kamu tetap semangat berolahraga, carilah workout yang benar-benar kamu suka atau ajak temanmu untuk exercise bersama!

Untuk layanan streaming, kamu tak perlu punya semua aplikasi di waktu yang bersamaan. Kamu bisa langganan aplikasi streaming yang berbeda setiap bulannya agar lebih hemat dan tontonan pun lebih variatif.

 

5. Mudah Termakan Diskon

“Kapan lagi diskon segede ini?”, “Murah, kok, cuma berapa puluh ribu.” Akibat tergoda diskon, barang di rumah menumpuk, dan pengeluaran jadi membengkak. Percaya, deh, diskon akan selalu ada, kok. Belilah ketika kamu benar-benar membutuhkannya.

 

6. Terbiasa Berutang

Dengan menggunakan kartu kredit dan membayar cicilan minimum per bulannya, bunga yang kamu bayarkan pun lebih tinggi seiring berjalannya waktu. Hal ini menyebabkan utang semakin lama lunas, dan menabung pun jadi tertunda.

 

7. FOMO

Fear of missing out alias FOMO bisa bikin dompet menjerit, dari soal belanja hingga investasi. Untuk mencapai kebebasan finansial, hanya keluarkan uang sesuai budget dan kemampuan. 

Ketika berinvestasi, lakukan riset dulu secara mendalam. Jangan mudah termakan kata teman atau keluarga, dan pastikan kamu paham risikonya. Ingat, jika ingin return tinggi, risikonya pun juga tinggi! 

 

8. Tidak Punya Asuransi Kesehatan

Mumpung masih muda dan sehat, segera miliki asuransi kesehatan. Biaya rumah sakit yang tinggi bisa menjadi ancaman bagi keuanganmu. Asuransi kesehatan seperti FWD Hospital Care Protection siap melindungi dengan manfaat rawat inap dan rawat jalan.

Kamu bisa klaim secara cashless di seluruh dunia dengan Limit Booster hingga Rp75 miliar! Selengkapnya di sini!

 

Dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini, kamu bisa semakin dekat dengan tujuan finansialmu! Yuk, bebaskan langkah dari segala risiko keuangan!