ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Shot legendaris Michael Jordan

Pada tahun 1989, shot dari Michael Jordan berhasil membawa kemenangan bagi Chicago Bulls. Tak lama setelahnya, Nike pun meluncurkan sepatu Air Jordan IV, yang kemudian diperebutkan di seluruh dunia.


Sneakers ini disebut sebagai revolusi global di dunia marketing dan bisnis olahraga.

 

2. Kebangkitan Muhammad Ali

Karena menolak ikut dalam Perang Vietnam, Muhammad Ali diskors dari dunia tinju, dijatuhi hukuman penjara, dan dicabut gelar tinjunya pada tahun 1967. Namun, hukuman ini dibatalkan empat tahun setelahnya.


Hanya dalam kurun waktu tiga tahun, Ali muncul kembali sebagai pemenang dalam pertandingan melawan George Foreman, seorang juara dunia kelas berat yang tak terkalahkan sebelumnya.

 

3. Miracle on Ice

Pada tahun 1980, tim hoki Amerika Serikat yang terdiri dari sekelompok mahasiswa berbakat berhasil menang melawan juara bertahan Olimpiade asal Uni Soviet.


Dengan skor 4-3, pertandingan dengan hasil di luar dugaan ini menjadi momen bersejarah di dunia olahraga. Kemenangan ini pun mengantarkan Amerika menjadi pemegang medali emas di Olimpiade 1980.

 

4. Jesse Owens vs Hitler

Di tengah propaganda Adolf Hitler akan kehebatan bangsa Arya, atlet berkulit hitam Jesse Owens hadir mendobrak agenda tersebut.


Dalam acara akbar Olimpiade Berlin tahun 1936, atlet track and field asal Amerika Serikat ini berhasil memenangkan empat medali emas dan menjadi atlet tersukses saat itu.

 

5. Diplomasi pingpong

Siapa sangka hubungan antarnegara bisa membaik berkat olahraga pingpong? Pada Kejuaraan Tenis Meja Dunia tahun 1971 di Jepang, pemain Amerika Glenn Cowan tertinggal bus dan harus menumpang bus tim China.


Foto Glenn bersama pemain China Zhuang Zedong setelah turun dari bus pun menjadi berita internasional. Setelahnya, pemerintah China pun mengundang tim Amerika untuk menghadiri pertandingan persahabatan di China langsung.


Bahkan 10 bulan setelah diplomasi ini, Richard Nixon menjadi presiden Amerika Serikat pertama yang mengunjungi Negeri Tirai Bambu.

 

Momen bersejarah mana nih yang jadi inspirasi kamu? Nah, semoga capaian para atlet ini bisa jadi motivasi kamu berolahraga ya.

 

Saat sedang workout, kamu bisa fokus mencapai body goals tanpa perlu was-was risiko cedera dengan memiliki asuransi kecelakaan Bebas Aksi yang berlaku di seluruh dunia.

 

Asuransi dengan manfaat hingga Rp1 miliar ini memiliki premi yang terjangkau, mulai dari Rp30 ribu/bulan. Daftar, beli, dan klaim bisa dilakukan secara online di sini!