ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel


https://2.bp.blogspot.com

Arum manis atau gulali

Arum manis adalah jajanan bertekstur lembut seperti kapas yang terbuat dari gula. Pada awalnya, gula yang digunakan adalah gula jawa atau gula merah. Karena berasal dari gula jawa atau gula merah yang berwarna cokelat inilah arum manis ini juga berwarna coklat, bukan merah muda seperti yang sering kita jumpai sekarang. Teksturnya juga lebih keras dan lengket. Terkadang, ditambahkan pula kacang tanah untuk menambah citarasa yang dihasilkan. Jadi ada perpaduan rasa manis dari gula jawa dengan gurih dari kacang tanah goreng.

Seiring dengan berkembangnya zaman, muncul arum manis yang dibuat dari gula pasir atau gula murni seperti yang kita kenal hari ini. Untuk cara membuat sebenarnya hampir sama dengan arum manis dari gula jawa atau merah, tetapi penampilannya agak berbeda. Warna arum manis dari gula pasir ini biasanya berasal dari pewarna makanan sehingga warnanya lebih beragam, tetapi memang yang paling sering ditemui adalah yang berwarna merah muda. Sekarang kalau makan arum manis yang memang manis ini, meningatkanmu pada manisnya masa sekolah, nggak?



https://4.bp.blogspot.com

Leker

Leker atau kue pisang ini adalah salah satu jajanan yang juga bikin kita kangen masa sekolah dan masih cukup mudah ditemukan hingga saat ini, khususnya untuk kalian yang berasal dari Surabaya. Kata leker berasal dari bahasa Belanda, lekker, yang berarti enak. Sebenarnya di kota-kota lain, juga ada makanan yang disebut leker, tetapi agak berbeda dengan leker yang ada di Surabaya. Jajanan leker di Surabaya, untuk adonan kulitnya terbuat dari campuran telur, tepung terigu, susu, gula, dan air. Kemudian, adonan ini dituang di atas wajan lingkaran berukuran mini yang sudah dipanaskan. Setelah cukup matang, kemudian ditaburkan isian seperti pisang yang telah dipotong kecil-kecil, gula, coklat, keju, atau kental manis. Lalu leker dilipat menjadi setengah lingkaran dan siap untuk disajikan.

Biasanya leker memang isiannya manis dengan isian original pisang dan gula. Namun, sekarang juga semakin banyak variasinya seperti coklat, keju, atau kental manis sesuai yang disebutkan di atas, atau ada pula varian yang rasanya asin atau pedas.



https://i.ytimg.com/vi/Ts4FbXtljxI/maxresdefault.jpg

Mi lidi

Mi lidi atau lidi-lidian adalah jajanan berbahan tepung terigu yang bentuknya memang mirip lidi. Rasa yang biasa kita temui ada dua, yaitu gurih dan pedas. Sekarang selain dibungkus plastik bening biasa, mi lidi juga sudah banyak dijual dalam kemasan yang lebih menarik seperti kotak dari kardus dengan warna-warna yang mencolok. Pilihan rasanya juga lebih variatif seperti rasa keju pedas, balado, barbeque, daun jeruk, bahkan coklat seperti brand mi lidi milik salah satu YouTuber kenamaan Indonesia.



https://www.ukmriau.com

Telur goreng

Telur goreng adalah salah satu jajanan zaman sekolah yang bahan dan proses pembuatannya cukup mudah. Adonannya terbuat dari telur yang dicampur dengan potongan daun bawang dan bumbu seperti garam atau merica. Setelah itu, telur dituang sedikit demi sedikit ke wajan cetakan berbentuk lingkaran-lingkaran kecil. Wajan ini hampir sama dengan yang digunakan untuk membuat takoyaki, tetapi dalam ukuran yang lebih kecil. Penjualnya ada yang menggunakan gerobak pikul atau sepeda motor yang dimodifikasi. Telur goreng ini enak dimakan dalam keadaan hangat dengan sambal atau kecap.



http://www.kotakami.com

Cimol, Cireng, dan Cilok

Cimol, cireng, dan cilok tidak begitu saja sama-sama berawalan ‘ci’. ‘Ci’ yang dimaksud disini adalah kependekan dari aci dalam bahasa Sunda yang berarti tepung tapioka atau kanji dalam bahasa Indonesia.  Cilok adalah singkatan dari aci dicolok. Ia terbuat dari aci yang dicampur dengan air hingga menjadi adonan yang kenyal. Kemudian, adonan ini dibentuk bulat-bulat seperti bakso dan direbus atau dikukus. Setelah matang, cilok bisa ditusuk (atau dalam bahasa Sunda, dicolok) seperti sate atau disajikan biasa dengan disiram saus kacang atau kecap. Cireng atau aci digoreng sebenarnya berasal dari adonan yang sama dengan cilok, tetapi ia dibentuk pipih dan digoreng sampai bagian luarnya renyah. Cireng biasanya dimakan bersama dengan cocolan seperti bumbu rujak, sambal, atau saus kacang.

Cimol adalah aci digemol atau tepung kanji yang dibuat bulat-bulat lalu digoreng. Adonannya juga sama dengan cilok dan cireng. Bentuk bulatnya mirip dengan cimol, tapi teksturnya seperti cireng. Jadi cimol seperti perpaduan antara cilok dan cireng. Cimol biasanya disajikan dengan taburan bubuk perasa gurih atau pedas.

Dewasa ini cilok, cireng, dan cimol makin beragam, baik dari isi atau sausnya. Sekarang sudah ada yang menjual dengan variasi isi seperti keju, sosis, kornet, atau daging. Bubuk perasa yang ditaburkan di cimol juga lebih variatif seperti rasa balado, keju, atau lada hitam.

Dari lima jajanan di atas, adakah jajajan favoritmu ketika masih sekolah? Rasanya kalau makan jajanan murah meriah ini, seperti bisa bernostalgia ke saat dimana kehidupan tidak sekompleks saat ini, nggak sih? Kalau kamu kangen salah satu jajanan di atas, kamu bisa coba mencarinya di depan SD saat jam istirahat atau pulang sekolah karena biasanya banyak penjual yang berjualan di sana. Selamat mencoba!