ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Kemplang

Kepulauan Bangka Belitung punya sajian kuliner yang nikmat, nih! Salah satunya adalah kemplang. Walau umumnya terbuat dari ikan tenggiri, kemplang juga bisa dinikmati dalam berbagai rasa lain, seperti udang atau cumi-cumi.

Nah, uniknya, kemplang biasa disantap bersama dengan sambal terasi khas Bangka. Rasa pedas dan manis dari sambal bertemu dengan gurihnya kerupuk pastinya bikin kamu mau nambah lagi.

 

2. Kerupuk rambak

Pencinta kerupuk kulit tak boleh lewatkan nikmatnya camilan gurih yang satu ini! Kerupuk ini memang ada di berbagai daerah di Indonesia. Namun, kerupuk rambak khas Kendal, Jawa Tengah punya bumbu rahasia yang bikin beda!

Dengan bahan dasar kulit sapi atau kerbau, kerupuk ini melalui proses penggorengan hingga tiga tahap, lho! Kebayang gurih dan renyahnya gak, passionate people?

 

3. Kerupuk bawang

Kerupuk yang satu ini sudah sering menemani sajian-sajian, seperti nasi goreng hingga bubur ayam. Bentuknya bulat, berwarna putih, dan berukuran kecil dengan sisi yang berwarna-warni.

Terbuat dari tepung tapioka dan bawang putih, kerupuk bawang punya rasa dan aroma yang khas banget, deh!

 

4. Kerupuk gendar

Kerupuk ini mudah dibuat di rumah, lho! Pertama, nasi dihaluskan, diberi bumbu, ditumbuk hingga padat, dan digiling sampai tipis. Kemudian, adonan tadi dijemur, lalu kamu goreng deh jadi kerupuk!

Snack ini cocok banget dibuat dengan memanfaatkan nasi sisa. Simpel dan dijamin gurih!

 

5. Kerupuk udang

Cocok sebagai teman makan soto dan nasi goreng, kerupuk yang satu ini punya rasa dan aroma udang yang kuat banget. Nah, kerupuk ini terbuat dari tepung tapioka, udang, dan beragam bumbu lainnya.

 

6. Rengginang

Berbeda dengan kerupuk gendar yang digiling, rengginang menggunakan beras ketan yang masih utuh dan tidak dihancurkan. Beras ketan dijemur sampai kering, kemudian, digoreng hingga mengembang.

Untuk pilihan rasanya, ada yang gurih, dan ada yang ditambah dengan terasi. Duh, jadi pengin ngemil!

 

Sebagai pelengkap di kala bersantap, kerupuk merupakan makanan ringan yang wajib ada di meja makan.

 

Namun, jangan sampai kebanyakan, ya! Kerupuk termasuk sajian yang tinggi kalori. Jika dikonsumsi berlebihan, risikonya adalah berat badan meningkat, tekanan darah tinggi hingga kanker, lho! 

 

Yuk, mulai jaga diri dengan menjaga asupan konsumsi dan memiliki proteksi diri dari risiko finansial akibat masalah kesehatan dengan asuransi kesehatan, seperti Asuransi Bebas Handal.

 

Asuransi kesehatan berbasis syariah ini memiliki manfaat rawat inap yang lengkap hingga Rp100 juta/tahun. Kontribusinya terjangkau, mulai dari Rp75 ribu/bulan dan bisa didapatkan secara online di sini!