ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Desa memang dikenal dengan pemandangan alam yang masih asri. Nggak heran, banyak orang memilih untuk bepergian ke desa masing-masing saat liburan. Namun, nggak semua orang memiliki desa untuk pulang. Nah, buat kamu yang bosan dengan liburan itu-itu saja, kamu bisa mencoba berlibur ke padesaan. Berikut 5 desa di Indonesia yang menawarkan liburan seru!


1.      Desa Pujon Kidul, Kabupaten Malang, Jawa Timur


goodnewsfromindonesia.id

 

Untuk kamu yang tinggal di daerah Jawa Timur, jika nggak ingin berlibur ke tempat yang jauh bisa mencoba untuk berkunjung ke desa satu ini. Desa Pujon Kidul menawarkan panorama alam yang masih asri, berupa pemandangan gunung, sawah dan air terjun yang indah. Desa ini nggak terlalu jauh dari pusat kota Malang. Kamu perlu menempuh 29 kilometer dari Malang untuk sampai ke Desa Pujon Kidul.

 

Nggak hanya dimanjakan oleh berbagai pemandangan alam, kamu bisa menyaksikan pengolahan susu sapi, budidaya tanaman obat keluarga, dan kebun buah. Desa Pujon Kidul juga memiliki tempat wisata ikonik berupa kafe sawah yang wajib kamu kunjungi.

 

 

2.      Desa Wisata Kasongan, Bantul, Yogyakarta


wisatakoe.com

Sudah sering berlibur ke Yogyakarta? Yogyakarta merupakan kota wisata yang sering dijadikan tujuan berlibur. Tapi, kamu sudha tahu belum jika di Yogyakarta kamu juga bisa berwisata ke sebuah desa, yaitu Desa Wisata Kasongan. Desa ini terletak di kawasan Bantul, Yogyakarta. Awalnya, Desa Wisata Kasongan digunakan untuk membina masyarakat yang merupakan pengrajin gerabah. Para pengrajin lokal ini diberikan pelatihan agar bisa mengirim barang hingga ke luar negeri. Pasalnya, mereka memiliki hasil kerajinan yang bernilai jual mahal.

 

Kamu bisa berkunjung kemari bersama anggota keluarga untuk memberikan edukasi tentang cara pembuatan kerajinan dari gerabah. 

3.      Desa Wae Rebo, Flores, Nusa Tenggara Timur



wisatakomodotours.com

Pernah mendengar nama desa satu ini? Desa ini terletak di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Desa Wae Rebo masih memiliki pemandangan asri karena lokasinya yang berada di ketinggian 1000 mdpl. Kamu bisa menemukan desa ini dikelilingi oleh perbukitan hijau, hutan yang asri, serta kabut yang mengitari desa Wae Rebo ini.

 

UNESCO pernah menobatkan Desa Wae Rebo sebagai warisan budaya dunia pada tahun 2013. Desa ini juga disebut sebagai desa di atas awan. Jika berkunjung ke desa ini, kamu akan menemukan rumah-rumah adat yang semakin membuat suasana desa terlihat menarik. 


4.      Desa Ponggok, Klaten, Jawa Tengah

youtube.com

Desa Ponggok terkenal karena berbagai mata air yang muncul di sana. Mata air ini disebut dengan nama umbul. Desa Ponggok memiliki umbul besuki, umbul sigedang, umbul ponggok, umbul kapilaler, dan umbul cokro. Saat ini,  telah dijadikan desa wisata air karena banyaknya mata air yang ada.

 

Desa ini terletak di Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Jika berkunjung kemari, kamu nggak hanya akan menjumpai mata air, namun juga pemandangan alam yang masih asri.


5.      Desa Mantawir, Penajam Paser Utara, Kutai Kartanegara


youtube.com

Desa ini terletak di Panajam Paser Utara, Kutai Kartanegara. Desa Mentawir terletak berdekatan dengan ibu kota baru. Kamu bisa menemuka  berbagai pemandangan alami berupa hutan mangrove dan hutan bambu. Hutan mangrove di Desa Mentawir dihubi oleh hewan khas Kalimantam salah satunya yaitu Pesut Etam. Bahkan, hutan bambu di desa ini memiliki panjang 4 kilometer, lho!

 

Untuk dapat sampai kemari, kamu membutuhkan waktu dua jam dari Balikpapan. Saat ini, pemerintah daerah sedang mengupayakan agar desa ini bisa membuat sirup dari buah pidada sebagai oleh-oleh.

 

Itu tadi 5 desa di Indonesia yang menawarkan liburan seru. Kamu mau berkunjung kemana dulu, nih?