ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Museum Bank Indonesia

Bangunan cagar budaya ini sebelumnya digunakan oleh De Javasche Bank. Terletak di daerah Kota Tua, museum ini menyajikan pengetahuan sejarah Bank Indonesia.

Serunya, informasinya juga dihadirkan secara menarik lewat teknologi multimedia. Kamu juga bisa temukan koleksi uang numismatik atau kuno di sini!

Alamat: Jalan Pintu Besar Utara No. 3, Jakarta Barat

 

2. Museum Art:1

Berdiri sejak 1983, museum ini dahulu dikenal dengan nama Mon Décor Gallery.

Dengan desain gedung yang serba putih dan unik, museum seni ini menyajikan beragam koleksi hasil karya seniman Indonesia senior hingga artis kontemporer.

Nikmati seni dari rumah? Bisa! Museum Art:1 menghadirkan Art Moments Jakarta Online yang menampilkan karya 65 seniman Indonesia dan internasional dari 1-30 Juni 2021 di www.artmomentsjakarta.com!

Alamat: Jl. Rajawali Selatan Raya No. 3, Sawah Besar, Jakarta Pusat

 

3. Museum Sasmitaloka Jenderal Besar Dr. A.H. Nasution

Museum yang mulanya adalah kediaman pribadi Nasution ini merupakan saksi sejarah dari upaya penculikan dan pembunuhan oleh pasukan Tjakrabirawa G-30S/PKI.

Pengunjung diajak kembali ke masa lalu dan melihat kronologi penyerangan yang merengggut nyawa putri Nasution, Ade Irma Suryani Nasution dalam bentuk patung-patung.

Alamat: Jl. Teuku Umar No. 40, Menteng, Jakarta Pusat

 

4. Museum Nasional

Museum Nasional atau dikenal dengan nama Museum Gajah merupakan pusat penelitian ilmiah sekaligus edukasi di bidang kebudayaan.

Pada halaman depan museum ini, kamu akan melihat patung gajah perunggu yang merupakan hadiah dari Raja Thailand, Chulalongkorn.

Tanpa perlu mengunjungi langsung, kamu juga bisa loh melihat-lihat koleksi Museum Nasional secara online di https://museumnasional.iheritage.id/!

Alamat: Jalan Medan Merdeka Barat No. 12, Jakarta Pusat

Nah, museum mana nih yang menarik perhatian kamu? Untuk kamu yang ingin mengunjungi museum-museum ini di Jakarta, jangan lupa untuk tetap menjaga protokol kesehatan ya.

Kamu yang masih khawatir dengan risiko kesehatan bisa mempertimbangkan FWD LooP, asuransi lengkap dengan manfaat meninggal, kecelakaan, penyakit kritis, rawat inap hingga investasi, mulai dari Rp250.000/bulan.

 

100% premi kamu akan diinvestasikan sejak tahun pertama sehingga hasilnya maksimal! Cari tahu lebih lanjut di https://www.ifwd.co.id/fwdloop!

 

 



Sumber:

https://www.bi.go.id/id/layanan/museum-bi/default.aspx

http://jakarta-tourism.go.id/visit/blog/2013/12/museum-bank-indonesia

https://eazel.net/museums/154

https://www.instagram.com/art1newmuseum/

http://encyclopedia.jakarta-tourism.go.id/post/museum-sasmitaloka-jenderal-besar-dr--a-h-nasution-jakarta--permuseuman?lang=id

https://www.museumnasional.or.id/tentang-kami