ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel
1. Gua Jomblang 
Mau lihat “cahaya surga”? Nah, gua di Gunungkidul, Yogyakarta ini menawarkan pemandangan luar biasa, lho! Kamu bisa saksikan langsung cahaya matahari yang menyorot masuk ke dalam gua.

Untuk turun ke dalam gua, dibutuhkan alat khusus. Namun, tenang saja untuk para pemula dapat melewati jalur 15 meter, dan untuk yang ahli bisa pilih jalur setinggi 80 meter.

Di dalam gua, kamu bisa melihat tumbuhan purba hingga lorong yang dihiasi stalagmit dan stalaktit. 

2. Gua Gong 
Spot wisata populer di Pacitan, Jawa Timur ini menghadirkan pengalaman caving yang unik. Siap-siap dibuat terkesima dengan bunyi yang mirip alat musik gong dari batunya. 

Gua ini juga tidak gelap lho, karena dilengkapi dengan banyak lampu warna-warni yang menyoroti indahnya stalagmit dan stalaktit. Ada pendingin udara dan kipas juga jadi, kamu tak bakal kepanasan deh. 

3. Gua Beloyot
Nah, untuk kamu yang mau lihat gambar asli dari manusia gua, kunjungi spot ini yuk! Gua ini terletak di tengah hutan belantara Kalimantan Timur. Untuk mencapai area ini, kamu harus berjalan kaki sekitar dua jam dari desa Merabu, Kabupaten Berau. 

Di gua ini, kamu bisa melihat lukisan tangan, manusia yang sedang berburu hingga peralatan perang zaman prasejarah.  

4. Gua Batu Cermin 
Saat mengunjungi Labuan Bajo, jangan lupa mampir ke gua cantik ini, ya. Ketika di dalam gua kamu akan melihat cahaya matahari yang menyusup ke dalam celah-celah, dan memantul ke batu-batu lainnya seperti cermin. Jadi, jangan takut gelap ya.

Nah, gua ini awalnya berada di dasar laut, lho. Namun, adanya aktivitas gempa bumi membuat gua ini naik ke permukaan. Yuk, cobain eksplor gua seru ini!

Siap Bersenang-senang & Jawab Tantangan!
Kamu tentunya bisa bebas lakukan yang kamu suka tanpa khawatir dengan risiko cedera, kalau memiliki FWD Asuransi Kecelakaan Diri yang berlaku di seluruh dunia. 
 
Asuransi dengan manfaat hingga Rp1 miliar ini memiliki premi yang terjangkau, mulai dari Rp30 ribu/bulan. Daftar, beli, dan klaim bisa dilakukan secara online. Cek selengkapnya di sini!

Sumber:
  • https://mpora.com/rock-climbing/what-is-caving/
  • https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/09/30/070000878/goa-jomblang-di-yogyakarta--daya-tarik-rute-dan-biaya
  • https://regional.kompas.com/read/2022/05/29/224824878/goa-gong-daya-tarik-harga-tiket-dan-rute
  • http://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbkaltim/gua-bloyot-kawasan-merabu-karst-sangkulirang-mangkalihat/
  • https://travel.okezone.com/amp/2016/12/01/406/1556443/lukisan-manusia-prasejarah-nongol-di-gua-beloyot-kalimantan
  • https://kemenparekraf.go.id/destinasi-super-prioritas/daya-tarik-gua-batu-cermin-labuan-bajo-lokasi-side-event-g20