ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel
Untuk Cedera Ringan, Gunakan Metode Ini! 
Metode RICE atau rest, ice, compression, dan elevation perlu dilakukan dalam 24–36 jam pertama. Simpelnya, kamu perlu istirahat, kompres es, gunakan perban, dan posisikan area luka lebih tinggi dari jantungmu.  

Cara ini bisa mengurangi bengkak dan mencegah sakit tambahan yang mungkin muncul kemudian. Jika sakit terus berlanjut, segera hubungi dokter. Cedera olahraga parah bisa jadi membutuhkan operasi atau terapi. 

Hindari Ini, ya! 
Untuk cedera sendi atau keseleo, hindari kompres panas, karena dapat memperparah pendarahan! Selain itu, jangan dipijat, ya, agar tidak menyebabkan pembengkakan yang dapat menunda proses penyembuhan. 

Bagaimana jika Jari Terkilir? 
Pasang strap di jari yang terluka bersama dengan jari sebelahnya, lalu, kompreslah dengan es. Kemudian, angkat tanganmu, dan segera ke rumah sakit. 

Jangan Khawatir dengan Kram Otot. 
Ketika kram terjadi, stop olahraga dan pindah ke lokasi yang lebih sejuk. Secara perlahan, regangkan otot. Lalu, gunakan es di area yang sakit. Terakhir, berikan minum pada penderita. 

Saat Mimisan, Lakukan Ini! 
Segera stop aktivitasmu! Duduklah dengan posisi kepala ke depan, dan bukan ke belakang! Jepit hidung dan bernapaslah lewat mulut selama 10 menit. Jika mimisan masih berlangsung selama 30 menit, segera ke rumah sakit. 

Gigi Copot? Segera ke Dokter Gigi. 
Saat gigi copot, ambil dan hanya sentuh di bagian mahkota saja. Cuci dengan air hangat selama 10 detik. Namun, jangan digosok atau menggunakan sabun, ya.

Lalu, bilas mulut dengan air hangat dan kembalikan gigi ke posisi semula. Agar tidak lepas, gigitlah kain kasa. Alternatifnya, rendam gigi di dalam susu atau simpan di dalam mulut antara gigi dan pipi agar tidak kering.

Gigi yang copot harus segera ditangani dokter gigi dalam 30 menit, agar bisa dipasang kembali!

Hadapi Luka Berdarah dengan Teknik Ini. 
Pertama, hentikan pendarahan dengan menekan luka memakai kain bersih. Jangan lupa gunakan sarung tangan, ya. Bersihkan luka dan lindungi area tersebut. 

Segera Panggil Ambulans, jika Hal Ini Terjadi. 
Dalam situasi darurat, seperti kehilangan kesadaran, patah tulang, hingga cedera leher, mata, kepala, perut, dan tulang belakang, segera hubungi ambulans.

Antisipasi Risiko Cedera dengan Cara Ini.
Untuk mencegah risiko cedera, lakukanlah pemanasan dan gunakan teknik serta alat yang tepat. Hindari juga memaksakan dirimu, ya!  

Tak hanya itu, kamu juga bisa mengantisipasi risiko kecelakaan, khususnya dari biaya perawatannya, dengan memiliki FWD Asuransi Kecelakaan Diri yang berlaku di seluruh dunia. 
 
Asuransi dengan manfaat hingga Rp1 miliar ini memiliki premi yang terjangkau, mulai dari Rp30 ribu/bulan. Daftar, beli, dan klaim bisa dilakukan secara online. Cek selengkapnya di sini

Sumber: