ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Tempoyak


© malahayati

Apabila kamu traveling ke Palembang, jangan hanya memakan pempek. Sebaliknya, cobalah sajian khas lainnya dengan bahan dasar durian. Namanya tempoyak. Kuliner ini serupa sambal yang dimakan bersama nasi dan ikan. Uniknya, tempoyak sendiri merupakan fermentasi buah durian. Di Palembang tempoyak cukup terkenal, maka jangan sampai terlewatkan untuk mencicipinya.

 

Ketan Durian


© resepkoki

Thailand selama ini dikenal dengan kuliner ketan mangganya. Tapi, Indonesia juga nggak kalah karena ketan duriannya juga terkenal lezat. Modifikasi sajian ketan memang banyak dijumpai belakangan ini. Jika dulu ketan hanya disajikan dengan serbuk sambal dan parutan kelapa, maka sekarang bisa dinikmati pula dengan saus durian. Ramuan yang dibuat dari daging buah durian tersebut, terasa mantap saat dibalurkan di atas ketan. Rasanya? Jangan ditanya lagi, ‘nendang’ banget pokoknya.

Lempok Durian


© variasirasa

Lempok durian adalah kuliner sejenis dodol yang terkenal di Pontianak. Dibandingkan bahan lainnya, sensasi durian pada makanan ini jauh lebih terasa. Ini karena daging buah durian jauh lebih banyak dibandingkan bahan lainnya dalam adonan yang digunakan. Selain itu, lempok memiliki tekstur lembut juga manis, sehingga cocok dijadikan pencuci mulut.

Serabi Durian


© foody

Pergi ke Solo kurang lengkap rasanya jika tak menyantap serabi. Kudapan satu ini memang punya banyak sekali varian rasa maupun topping. Termasuk yang paling hits adalah serabi durian. Kue serabi yang begitu empuk, terasa sempurna saat dipadukan dengan saus durian yang dilelehkan di atasnya.

 

Pancake Durian


© ciricara

Jika kamu pelesiran ke Medan, jangan lupa untuk mencoba langsung pancake durian. Olahan durian satu ini cukup menjadi primadona lho di ibukota Sumatera Utara tersebut. Kolaborasi kulit pancake yang tipis, berpadu dengan daging durian yang lembut, begitu nikmat disantap. Apalagi pancake durian ini disajikan dalam keadaan dingin, jadi makin meleleh rasanya di lidah.

Dari kelima olahan durian di atas, mana yang ingin paling kamu coba?