ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Belum lengkap tanpa sambal

Apa pun makanannya, sambal selalu dicari sebagai pelengkap hidangan untuk menambah rasa nikmat. Rasa pedas sambal memang dapat ditemukan dalam beragam kuliner khas berbagai daerah.

Dalam buku De Medicina Indorum (1631), ahli medis dan obat tropis era kolonial Jacob de Bondt telah mencatat jejak cabai sebagai barang konsumsi di Hindia Belanda. Hingga saat ini, sambal masih menjadi favorit masyarakat Indonesia. Tidak heran bahwa di Indonesia sendiri kini telah ada lebih dari 100 jenis sambal dan berbagai modifikasinya.

 

Rendang yang mendunia

Dari tempat asalnya di Sumatera Barat, rasa gurih rendang telah memukau penggemar kuliner di berbagai negara. Olahan daging sapi, santan, dan berbagai rempah-rempah ini memang sulit untuk dilewatkan begitu saja.  Pada tahun 2011 dan 2017, rendang menjadi salah satu dari 50 makanan terenak di dunia versi CNN Travel.

Sebagai salah satu makanan tradisional yang paling terkenal di Indonesia, rendang juga sering dihidangkan pada suguhan seremonial maupun acara-acara resmi. Belum lama ini, chef asal Inggris Gordon Ramsay juga belajar membuat rendang bersama ahli kuliner Indonesia William Wongso dalam sebuah acara yang ditayangkan di National Geographic Channel.

 

Perpaduan budaya dalam semangkuk soto

Meskipun terkenal sebagai makanan khas Indonesia, soto sebenarnya berasal dari salah satu jenis makanan Tiongkok. Dalam bukunya yang berjudul Nusa Jawa, Denys Lombard menyatakan bahwa soto merupakan hasil akulturasi antara hidangan Tiongkok bernama caudo dengan budaya Indonesia.

Makanan ini mulai dijajakan di abad ke-19 di pesisir pantai utara Jawa, yang pada saat itu menjadi wilayah yang sering disinggahi para pedagang Tiongkok. Saat ini, soto telah menyebar ke seluruh wilayah Indonesia seiring dengan penyebaran populasi. Karena itu, setiap daerah memiliki olahan soto khas masing-masing.

 

Ragam kuliner Indonesia yang nikmat dan bersejarah memang seru untuk dieksplorasi.


Sumber:
[1]
https://travel.kompas.com/read/2018/03/23/132400327/sejak-kapan-masyarakat-indonesia-mengonsumsi-sambal-

[2] https://books.google.co.id/books/about/100_Resap_Variasi_Sambal.html?id=daK1nJRFN2wC&redir_esc=y

[3] https://food.detik.com/berita-boga/d-3559835/hebat-rendang-indonesia-kembali-jadi-makanan-terlezat-nomor-1-di-dunia

[4] https://www.thejakartapost.com/life/2020/06/29/gordon-ramsay-cant-wait-to-put-beef-rendang-on-his-restaurants-menu.html

[5] https://books.google.co.id/books/about/Nusa_Jawa_Batas_batas_pembaratan.html?hl=id&id=ENuMmZ1CaTcC&redir_esc=y

[6] https://books.google.co.id/books/about/Nusa_Jawa_Batas_batas_pembaratan.html?hl=id&id=ENuMmZ1CaTcC&redir_esc=y