ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel
1. Berjalan 
Banyak pasien arthritis ragu untuk berolahraga karena takut merasa sakit. Idealnya, pasien sebaiknya berjalan selama 30 menit sehari.

Nah, untuk permulaan, pasien bisa berjalan sekitar 5 menit terlebih dulu. Setelah terbiasa, tingkatkan durasinya ke 10 menit, lalu ke 20 menit. 

2. Yoga & Pilates 
Ingin tingkatkan kelenturan? Olahraga ini dapat membantu kamu stretching serta memperkuat sendi dan ototmu. 

Yoga dan pilates juga bisa dimodifikasi agar tidak terlalu memberi tekanan pada sendimu. 

3. Tenis Ganda 
Walau telah terdiagnosis penyakit sendi seperti osteoarthritis, kamu masih boleh lho bermain tenis ganda. 

Dengan cara ini, kamu hanya meng-cover setengah lapangan dan tak terlalu banyak berlari. Saat bermain tenis, hati-hati ya karena olahraga ini banyak memberi tekanan pada sendi. 

4. Berenang 
Untuk kamu yang sering sakit di bagian lutut, berenang atau olahraga air lainnya punya banyak manfaat kesehatan.

Ketika berenang, berat badanmu akan ditopang oleh air, sehingga dapat mengurangi beban pada sendimu. Olahraga ini juga bagus untuk mengencangkan otot, lho!

5. Exercise Otot 
Selain itu, kamu juga bisa lakukan workout untuk memperkuat otot dengan mengangkat beban atau latihan dengan resistance band

6. Latihan Keseimbangan 
Untuk kamu yang mudah terjatuh atau kesulitan saat berjalan, kamu bisa coba latih keseimbangan dengan berjalan mundur, berdiri dengan satu kaki, atau mencoba tai chi. 

Tips untuk Penderita Arthritis! 
Saat beraktivitas kembali, pasien bisa jadi merasa kaku, sakit, atau bengkak setelahnya. Tubuhmu memang membutuhkan waktu selama 6–8 minggu untuk terbiasa.

Hingga tubuhmu beradaptasi, sesuaikan kembali frekuensi dan intensitas olahragamu. Lakukan juga pemanasan dan pendinginan ya. 

Yuk, Jaga Kesehatan Sendimu!
Radang sendi dapat dialami oleh semua orang, termasuk remaja dan anak-anak. Orang dewasa dengan radang sendi sebaiknya beraktivitas fisik minimal 150 menit per minggunya dengan intensitas sedang.  

Tak hanya dengan berolahraga, kamu pun bisa cegah beragam risiko kesehatan, khususnya dari segi biaya rumah sakitnya, dengan memiliki FWD Hospital Care Protection yang berlaku di seluruh dunia. 

Kamu bisa klaim secara cashless manfaat rawat inap dan rawat jalan, termasuk fisioterapi. Jangan takut dengan biaya rumah sakit yang mahal, karena ada Limit Booster hingga Rp75 miliar! Selengkapnya di sini!

Sumber:
  • https://www.alodokter.com/radang-sendi
  • https://www.orthobethesda.com/blog/best-sports-to-play-if-suffering-from-osteoarthritis/amp/
  • https://amp.cnn.com/cnn/2023/02/10/health/exercises-for-arthritis-pain-relief-wellness/index.html
  • https://www.cdc.gov/arthritis/basics/physical-activity/types.html
  • https://www.cdc.gov/arthritis/basics/physical-activity/pain.html
  • https://www.cdc.gov/arthritis/basics/physical-activity/index.html#:~:text=Low%2Dimpact%20aerobic%20activities%20do,group%20exercise%20classes%2C%20and%20dancing.