ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Olahraga HIIT itu seperti apa?

Simpelnya, HIIT merupakan rangkaian latihan berintensitas tinggi yang diselingi dengan istirahat atau gerakan berintensitas rendah. Olahraga ini hanya berdurasi 10-30 menit saja loh!

Variasi latihannya beragam, dari lari, bersepeda, lompat tali, hingga latihan beban. Dalam satu ronde, kamu menggowes sepeda statis selama 30 detik dengan cepat, kemudian diikuti dengan beberapa menit bersepeda santai. Lalu, kamu mengulanginya hingga 4-6 ronde.

 

Ada contoh lainnya?

Kalau suka berlari, kamu bisa jogging terlebih dulu untuk pemanasan sekitar 10 menit. Kemudian, berlarilah selama empat menit, dan jalan cepat selama tiga menit. Ulangi langkah ini selama tiga kali, dan akhiri dengan pendinginan.

 

Apa manfaat HIIT?

Penelitian membuktikan, HIIT membakar 25-30% kalori lebih banyak dibandingkan exercise lainnya. Metabolisme kamu pun akan meningkat setelah melakukan HIIT! Olahraga ini cocok untuk individu yang ingin mengurangi berat badan.

Tak hanya itu, latihan ini juga akan membentuk otot kamu loh! Studi menunjukkan, HIIT bisa menurunkan tekanan darah pada orang-orang overweight dan obesitas.

 

Apakah HIIT bisa dilakukan semua orang?

Olahraga ini belum tentu cocok untuk semua orang. Kamu membutuhkan motivasi dan tentunya stamina fisik untuk mendorong kemampuanmu hingga batasnya. Kalau kamu tidak terbiasa, otot dan sendi kamu bisa jadi keseleo atau tegang.

Apabila kamu memiliki masalah jantung, otot atau sendi, seperti arthritis, cek dulu dengan dokter ya apakah kamu boleh melakukan HIIT.

 

Apa yang harus diperhatikan?

Walau berolahraga itu penting, ada baiknya HIIT tidak dilakukan setiap hari. Lakukan workout ini maksimal tiga kali seminggu untuk menghindari cedera atau burnout.

Yang terpenting, luangkan waktu untuk berolahraga ya. Cukup 10-30 menit saja, kamu juga bisa loh mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal dengan HIIT.

Agar kamu gak was-was selama workout, apalagi dengan risiko cedera dan dampak finansialnya, kamu bisa mempertimbangkan asuransi kecelakaan Bebas Aksi yang berlaku di seluruh dunia.

 

Preminya terjangkau, mulai dari Rp30 ribu/bulan dengan manfaat hingga Rp1 miliar! Daftar, beli, dan klaim bisa dilakukan secara online. Selengkapnya di https://www.fwd.co.id/products/accident/bebas-aksi/.



Sumber : 

https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-hiit

https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-hiit#what-it-is

https://www.vox.com/science-and-health/2019/1/10/18148463/high-intensity-interval-training-hiit-orangetheory

https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-hiit#benefits

https://www.webmd.com/fitness-exercise/a-z/high-intensity-interval-training-hiit

https://www.nytimes.com/2021/11/10/well/move/hiit-high-intensity-interval-training.html