ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Keuntungan Bisnis Franchise

Memulai bisnis bisa jadi hal yang menakutkan. Namun, keuntungan yang ditawarkan dari model bisnis franchise dinilai menggiurkan!

 

1. Mencoba industri baru tanpa pengalaman

Brand franchise atau biasa disebut franchisor menawarkan pelatihan pada franchisee untuk memahami cara operasi perusahaan. Transfer ilmu dan pengalaman inilah yang menjadi daya tarik model bisnis ini!

 

2. Risiko lebih rendah

Investasi franchise juga dinilai berisiko lebih rendah, karena model bisnis ini telah teruji di berbagai pasar domestik, bahkan internasional.

Cukup sering kan kita lihat franchise brand-brand internasional di Indonesia, seperti kopi, sandwich, boba, taco, atau fast food?

 

3. Brand sudah dikenal

Tanpa perlu repot-repot memperkenalkan bisnis dari awal, brand yang membuka peluang franchise biasanya sudah banyak dikenal masyarakat. Kamu pun bisa menikmati loyalitas pelanggan yang sudah terbentuk.

 

4. Mudah dapatkan supplier

Nah, keuntungannya lagi, kamu gak perlu susah-susah cari supplier, karena semua sudah disediakan. Harga bahannya pun tentunya akan lebih murah, karena franchisor membeli dalam jumlah yang besar.

 

Kerugian Bisnis Franchise

Sebagai bahan pertimbangan, model bisnis ini juga memiliki faktor-faktor yang bisa dinilai kurang menguntungkan.

 

1. Biaya franchise berpotensi tinggi

Tergantung franchise yang kamu pilih, investasi awal biasanya tergolong tinggi, apalagi untuk brand dengan nama besar. Perhatikan juga dengan biaya royalti yang dikenakan, ya!

 

2. Kreativitas terbatas

Franchise sudah memiliki sistemnya tersendiri. Kamu pun tidak bisa dengan mudah mengganti menu atau supplier dalam model bisnis ini.

 

3. Nama buruk mudah menyebar

Kesalahan salah satu franchise dapat memengaruhi seluruh brand. Sebagai contoh, kisah viral tentang karyawan bertengkar dengan pelanggan atau makanan terkontaminasi bisa berdampak buruk pada citra semua pemegang franchise.

 

4.Kontrak tidak permanen

Perlu diperhatikan, franchise memiliki periode kepemilikan. Saat kontrak berakhir, franchisor bisa saja memutuskan untuk tidak memperbarui lagi.

 

Untuk kamu yang ingin mulai usaha, pastikan juga untuk memiliki asuransi jiwa, ya. Jika terjadi sesuatu pada kamu, keluarga bisa menggunakan Uang Pertanggungan untuk kebutuhan sehari-hari, atau membayarkan utang usaha.

 

Tanpa pemeriksaan kesehatan, dapatkan FWD Asuransi Jiwa dan Penyakit Kritis Plus untuk proteksi diri dan keluarga dari tiga penyakit infeksi, seperti demam berdarah, malaria, dan demam tifoid.

 

Kamu juga akan terjaga dari risiko penyakit kritis, termasuk serangan jantung, stroke, dan kanker. Jika sehat terus hingga akhir masa asuransi, premi kembali hingga 110%. Miliki perlindungan ini secara online di sini.