ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Soekarno: Indonesia Merdeka (2013)

Pada hari kemerdekaan ini, paling pas kita saksikan kisah perjuangan bapak pendiri bangsa ini, yaitu Soekarno.

Pada umurnya yang ke-24, Soekarno menyerukan, “Kita harus merdeka sekarang!” yang berakibat ia harus dipenjara.

Namun, ia terus berjuang untuk melawan penjajahan. Ikuti perjalanan presiden pertama kita ini hingga akhirnya Indonesia meraih kemerdekaan!

 

2. Soegija (2012)

Film yang digarap oleh Garin Nugroho ini menceritakan kisah seorang uskup pribumi pertama di Indonesia bernama Albertus Soegijapranata.

Soegija sendiri merupakan sosok nasionalis yang kerap melakukan diplomasi secara diam-diam dengan melakukan perundingan damai bersama sekutu dan Jepang.

Film ini khususnya mengangkat kisah Soegija dan tokoh lainnya pada masa penjajahan Belanda dan Jepang, serta masa-masa kritis menjelang dan setelah kemerdekaan.

 

3. Sang Kiai (2013)

KH Hasyim Asy’ari, seorang pimpinan Pondok Pesantren Tebuireng di Jombang, Jawa Timur, memiliki peran yang signifikan dalam kemerdekaan.

Dari tradisi pesantren yang sederhana, tumbuh juga gerakan revolusi kemerdekaan Republik Indonesia dalam melawan penjajahan Jepang dan Belanda.

Tak hanya menampilkan sosok KH Hasyim Asy’ari sebagai tokoh spiritual, film ini juga mengeksplor sisi universalisme, nasionalisme, dan humanisme dari seorang ulama.

 

4. Wage (2017)

Selama 120 menit, kamu diajak untuk mengikuti kisah pencipta lagu “Indonesia Raya”, yakni Wage Rudolf Soepratman.

Perjuangan kemerdekaan tidak hanya di medan perang. WR Soepratman turut berperan lewat lagu-lagu perjuangannya untuk golongan pemuda.

Selain sebagai musisi, ia juga melawan penjajahan lewat tulisannya sebagai wartawan. Yuk, saksikan bagaimana WR Soepratman berjuang untuk kemerdekaan!

Seperti kata Bung Karno, “Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah.” Yuk, kita rayakan kemerdekaan di rumah dengan menyaksikan film-film tentang pahlawan Indonesia ini!

Di masa pandemi, kamu juga bisa loh merdeka dari rasa khawatir, terutama dari risiko finansial akibat masalah kesehatan dengan Asuransi Bebas Handal, asuransi kesehatan berbasis syariah yang lengkap dengan nilai manfaat hingga Rp100 juta/tahun.

Kontribusinya terjangkau, mulai dari Rp75 ribu/bulan dan bisa didapatkan secara online. Selengkapnya di: https://www.ifwd.co.id/bebas-handal

 



Sumber:

https://rri.co.id/hiburan/film/1065425/sinopsis-film-soekarno-pejuang-perebut-kemerdakaan

https://properti.kompas.com/read/2012/05/26/21323439/.Soegija.Sebuah.Film.untuk.Perenungan?page=all

https://www.beritasatu.com/hiburan/49985/belajar-nasionalisme-dan-kemanusiaan-melalui-film-soegija

https://www.liputan6.com/citizen6/read/595517/film-sang-kiai-pesan-cinta-dan-kemerdekaan-dari-pesantren

https://www.antaranews.com/berita/664294/resensi-film-wage-kisah-pilu-sang-komponis-lagu-kebangsaan

https://www.republika.co.id/berita/prjeez366/sejarawan-banyak-orang-salah-singkatan-jas-merah