ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Apa itu frugal living?

Gaya hidup yang satu ini memprioritaskan efisiensi biaya. Orang yang frugal biasanya mencari harga termurah dengan benefit yang maksimal.

 

Apa manfaat frugal living?

Tentunya, cara hidup ini dipilih berkat keuntungan-keuntungan ini!

 

1. Mempercepat kebebasan finansial

Kebebasan ini dalam artian kamu tak perlu lagi khawatir untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, karena sudah memiliki aset yang cukup! 

Frugal living akan membuatmu lebih berhati-hati dalam membuat keputusan finansial. Hasilnya, kamu pun punya lebih banyak uang untuk ditabung dan diinvestasikan.

 

2. Mengurangi stres dan tekanan finansial

Agar kamu tak terbebani dengan biaya-biaya ekstra setiap bulannya, frugal living bisa jadi pilihan gaya hidup!

Cara ini akan mengurangi keinginanmu untuk belanja yang tak terlalu penting. Walaupun sulit pada mulanya, sedikit demi sedikit kamu akan terbiasa.

 

3. Baik untuk lingkungan

Tak hanya ramah di dompet, frugal living juga ramah lingkungan, lho! Sebagai contoh, kamu membawa botol minum atau menyiapkan snack sehat, seperti buah, dibandingkan jajan makanan dan minuman kemasan yang berkontribusi pada limbah plastik!

 

Bagaimana cara frugal living?

Bukan cuma sekadar hemat, tapi kamu perlu strategi untuk jalani hidup frugal!

 

1. Pantau pengeluaranmu

Agar mengetahui ke mana uangmu pergi, cek dulu bagaimana kebiasaanmu saat mengeluarkan uang. Dari situ, kamu bisa mulai pilih mana yang perlu diubah.

 

2. Buat meal plan

Rencanakan menu makanmu untuk menghindari biaya-biaya ekstra karena lapar mata!

 

3. Cobain tanam sayur atau herbs

Dari sesimpel tanam daun mint, daun bawang, rosemary, taoge hingga cabai, kamu bisa berhemat, lho!

 

4. Buat daftar belanja

Saat belanja bulanan atau lagi scroll e-commerce, ingat untuk tetap membeli sesuai kebutuhan, ya! Jangan lupa bandingkan harga dengan e-commerce lainnya.

 

5. Cari hiburan murah

Hidup frugal masih tetap menyenangkan, kok! Manfaatkan harga museum yang murah atau piknik santai di taman. Kalau di rumah aja, cobain main board game atau video game. Suka baca? Kamu bisa pinjam buku di perpustakaan digital, ya!

 

6. Bayar utang

Keuanganmu akan tetap aman selama utang tidak melebihi 30% dari pendapatan. Pastikan kamu membayar tepat waktu agar tidak memengaruhi skor kreditmu.

 

7. Investasi

Hasil pemangkasan pengeluaran bisa dipakai untuk investasi dan mengembangkan kekayaanmu!

 

8. Asuransi

Agar hasil kerja kerasmu terjaga, milikilah asuransi kesehatan FWD Hospital Care Protection yang berlaku di seluruh dunia. Kamu bisa klaim secara cashless manfaat rawat inap dan rawat jalan, termasuk untuk malaria, DBD, dan tifoid.

Jangan takut dengan biaya rumah sakit yang mahal, karena ada limit booster hingga Rp75 miliar! Selengkapnya di sini!

 

Dengan memilih gaya hidup frugal living, kamu pun bisa mencapai tujuan finansial lebih cepat! Mau coba frugal living gak, nih, passionate people?