ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Apa Itu Elektrolit?

Hampir setiap cairan dan sel dalam tubuh mengandung elektrolit. Nah, tubuh mendapatkan elektrolit dari apa yang kamu makan dan minum.

Ginjal akan menyaring elektrolit berlebih dan mengeluarkannya melalui urine. Jika kamu berkeringat, tubuh akan kehilangan elektrolit.

 

Yuk, Konsumsi Elektrolit!

Kandungan elektrolit sangat penting untuk mengatur jumlah air dalam tubuh. Jika terjadi ketidakseimbangan elektrolit yang parah, kamu bisa mengalami kram otot, rasa lemah, aritmia jantung, kelumpuhan, dan bahkan kematian akibat serangan jantung.

Untuk menjaga elektrolit dalam tubuh, kamu bisa konsumsi makanan dan minuman ini.

1.      Air Kelapa

Satu gelas air kelapa mengandung 350 mg potasium. Tentunya, minuman ini akan lebih baik dikonsumsi tanpa tambahan gula, ya!

 

2.      Pisang

Buah yang satu ini merupakan sumber elektrolit yang baik berkat kandungan potasiumnya yang tinggi, yakni sekitar 422 mg.

 

3.      Produk Susu

Butuh kalsium dan sodium? Produk susulah jawabannya. Dalam 100 ml susu, terdapat 199 mg kalsium dan 281 mg potasium. Selain itu, 1 ons keju parmesan sendiri mengandung sekitar 336 mg kalsium dan 26,1 mg sodium.

 

4.      Daging Unggas

Dada ayam merupakan sumber elektrolit yang baik untuk tubuhmu. Dalam 100 g ayam kalkun terkandung sekitar 349 mg potasium dan 1.200 mg sodium.

 

5.      Alpukat

Buah yang kaya akan potasium ini cocok dijadikan jus dan olesan untuk roti! Dalam satu alpukat saja terkandung 660 mg potasium, lho.

 

6.      Jus Buah

Jus yang baik untuk kesehatan adalah yang tanpa gula. Nah, untuk menambah asupan elektrolit, kamu bisa mengonsumsi jus jeruk, lemon, pisang, dan delima. Dalam jus delima, kamu akan dapatkan 533 mg potasium, lho!

 

7.      Semangka

Setelah berolahraga, kamu juga bisa nih ngemilin semangka. Buah dengan kandungan 92 persen air ini memiliki 320 mg potasium, lho!

 

8.      Minuman Olahraga

Hanya konsumsi minuman ini jika kamu berolahraga secara intens, ya! Perhatikan juga kandungan gula dalam minuman sebelum kamu membelinya.

 

Jaga Kesehatanmu dari Sekarang!

Selain menjaga asupan makanan dan minuman, kamu juga bisa menjaga diri dari risiko kesehatan dengan memiliki asuransi kesehatan FWD Hospital Care Protection.

Asuransi yang berlaku di seluruh dunia ini bisa kamu klaim secara cashless untuk manfaat rawat inap dan rawat jalan, lho. Kamu pun tak perlu takut dengan biaya rumah sakit yang mahal, karena ada Limit Booster hingga Rp75 miliar. Selengkapnya di sini!


Sumber: