ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Pisang

Mengandung banyak serat, pisang bisa membantu melancarkan pencernaanmu.

Kalau kamu lagi diare, buah yang satu ini mampu mengembalikan elektrolit dan potassium akibat kehilangan cairan.

 

2. Whole grain

Simpelnya, whole grain atau biji-bijian utuh mencakup beras merah, gandum utuh, atau roti gandum.

Kaya akan serat, makanan ini cocok untuk masalah pencernaan, seperti kembung, mual, dan gas. Namun, kalau kamu punya penyakit celiac atau intoleransi gluten, hindari menu ini ya.

 

3. Pepaya

Buah tropis yang kaya akan papain ini memecah protein dalam perut, sehingga nutrisi dapat terserap lebih baik dan mudah.

Pepaya juga memiliki sifat antiinflamasi yang bisa menenangkan perutmu. Buah ini mudah dicerna dan mampu melarutkan lemak dengan cepat.

 

4. Minyak ikan

Tak hanya bermanfaat untuk jantung, fish oil juga baik untuk saluran pencernaanmu.

Studi membuktikan, penderita iritasi usus besar memiliki kadar lemak sehat yang rendah dalam darah mereka. Untuk mencegahnya, kamu bisa mulai dengan mengonsumsi salmon, tuna, makerel, atau suplemen.

 

5. Sayur hijau

Mengandung folat, vitamin C, vitamin K, dan vitamin A, sayur-sayuran, seperti bayam atau kale merupakan sumber serat yang baik. Riset membuktikan, sayuran hijau membantu pertumbuhan bakteri usus yang sehat.

 

6. Yogurt

Melalui kandungan bakteri baiknya yang dikenal sebagai probiotik, makanan yang satu ini dapat menjaga kesehatan ususmu.

Probiotik sendiri dapat membantu masalah-masalah pencernaan, seperti kembung, sembelit, dan diare. Namun, tidak semua yogurt mengandung probiotik ya. Saat berbelanja, cek yogurt yang memiliki tanda “bakteri hidup atau aktif”. 

 

Pada Hari Pencernaan Sedunia, 29 Mei ini, yuk, kita mulai perhatikan asupan makanan kita. Selain itu, barengi juga dengan minum air putih setelah makan ya! 

Langkah pencegahan ini penting, karena kondisi-kondisi, seperti iritasi usus besar, GERD, penyakit Crohn, atau heartburn bisa mengarah pada masalah pencernaan yang lebih serius.

 

Untuk langkah antisipasi tambahan, kamu juga bisa mengurangi risiko kesehatan, khususnya dari risiko finansialnya dengan asuransi kesehatan, seperti Asuransi Bebas Handal yang berbasis syariah dan lengkap dengan nilai manfaat hingga Rp100 juta/tahun.

 

Kontribusinya terjangkau, mulai dari Rp75 ribu/bulan dan bisa didapatkan secara online. Selengkapnya di: https://www.fwd.co.id/products/health/bebas-handal/.



Sumber :

https://www.healthline.com/nutrition/best-foods-for-digestion

https://www.health.com/condition/digestive-health/14-best-and-worst-foods-for-digestion

https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/health-fitness/diet/20-best-foods-for-good-digestion/articleshow/17853799.cms

https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/health-fitness/diet/20-best-foods-for-good-digestion/articleshow/17853799.cms

https://www.everydayhealth.com/digestive-health-pictures/superfoods-that-help-digestion.aspx

https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/5-foods-to-improve-your-digestion

https://www.healthline.com/nutrition/best-foods-for-digestion#TOC_TITLE_HDR_2

https://www.nhs.uk/live-well/eat-well/digestive-health/good-foods-to-help-your-digestion/

https://www.healthline.com/nutrition/best-foods-for-digestion