ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Salmon

Penuh dengan lemak sehat berupa omega-3, salmon dapat membantu menurunkan tekanan darah dan trigliserida, serta mengurangi risiko gangguan irama jantung.

American Heart Association merekomendasikan dua porsi salmon atau ikan berminyak lainnya, seperti makerel, sarden, atau tuna dalam seminggu.

 

2. Sayuran hijau

Terkenal kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan, sayur-sayuran hijau, seperti bayam, kangkung, dan sawi wajib masuk keranjang belanjamu.

Makanan tinggi nitrat yang satu ini terbukti mampu mengurangi tekanan darah, mengurangi kaku pada arteri, dan meningkatkan fungsi sel pelapis pembuluh darah.

 

3. Whole grain

Mau nurunin kolesterol? Nah, whole grain atau biji-bijian utuh, seperti beras merah, oat, barley, buckwheat, atau quinoa bisa membantu loh!

Studi membuktikan, satu atau dua porsi ekstra per hari dari makanan ini bisa mengurangi risiko penyakit jantung sekitar 10 hingga 20 persen.

 

4. Berries

Suka minum smoothies atau makan buah? Nah, keluarga berries, seperti strawberry, blueberry, blackberry, atau raspberry, penuh dengan nutrisi penting untuk kesehatan jantungmu.

Makan blueberry setiap hari bisa membantu mengontrol tekanan darahmu. Tak hanya sehat, buah ini juga bisa jadi snack rendah kalori yang lezat.

 

5. Kacang-kacangan

Selain baik untuk usus, makan kacang bisa menurunkan faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah dan inflamasi. Hasil studi menunjukkan, konsumsi kacang-kacangan yang tinggi juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat.

 

6. Dark chocolate

Berkat kandungannya yang kaya antioksidan, dark chocolate bisa menjauhkanmu dari risiko penyakit jantung koroner!

Pastikan cokelat yang kamu pilih mengandung cocoa minimal 70 persen dan batasi asupannya ya. Cokelat yang terlalu tinggi gula dan kalorinya malah bisa mengusir khasiat pentingnya!

 

7. Teh hijau

Sebagai teman makanmu, teh hijau bisa jadi opsi minuman yang sehat. Minuman ini punya segudang manfaat, dari meningkatkan pembakaran lemak, mencegah kerusakan sel, hingga menjaga kesehatan jantungmu.

 

Yuk, segera mulai gaya hidup sehat! Nah, untuk kamu yang ingin berbelanja bahan makanan segar dan menyehatkan secara online, Sayurbox punya eVoucher senilai Rp25.000 untuk member aplikasi FWD MAX hingga 31 Desember 2022.

 

Yuk, klaim eVoucher-mu dengan download aplikasi FWD MAX di sini!

 

 



Sumber :

https://www.healthline.com/nutrition/heart-healthy-foods

https://www.webmd.com/heart-disease/ss/slideshow-foods-to-save-your-heart

https://www.healthline.com/nutrition/heart-healthy-foods#TOC_TITLE_HDR_2

https://www.healthline.com/nutrition/heart-healthy-foods#TOC_TITLE_HDR_4

https://www.healthline.com/nutrition/heart-healthy-foods#TOC_TITLE_HDR_4

https://www.healthline.com/nutrition/heart-healthy-foods#TOC_TITLE_HDR_8

https://www.healthline.com/nutrition/heart-healthy-foods#TOC_TITLE_HDR_9

https://www.healthline.com/nutrition/heart-healthy-foods#TOC_TITLE_HDR_16