ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Ayam Taliwang

Rasa yang pekat nan nikmat. Itulah yang dicari dari sajian lezat khas Lombok ini. Dalam proses pembuatannya, ayam kampung muda diberi bumbu, seperti kencur, bawang merah, bawang putih, cabai merah hingga terasi.

Ayam Taliwang kemudian disajikan bersama dengan plecing kangkung dan beberuk (irisan terong dan kacang panjang yang disiram sambal tomat). Dijamin kenyang dan sedap banget, deh!

 

2. Sate Bulayak

Sate yang satu ini menggunakan bahan dasar ayam, sapi, dan jeroan. Keunikan dari menu khas Lombok ini terletak pada bulayak atau lontong yang dililit dengan daun aren atau enau. Bulayak sendiri memiliki tekstur yang lembut dan gurih!

Untuk bumbu kacangnya, ada yang berbeda, nih! Bumbu sate bulayak terbuat dari kacang tanah yang disangrai, ditumbuk, lalu direbus bersama santan dan berbagai bumbu lainnya. Rasanya sendiri mirip bumbu kari dengan cita rasa pedas khas Lombok!

 

3. Plecing Kangkung

Eits, menu kangkung yang satu ini berbeda, lho, dengan yang lain! Untuk sajian ini, orang Lombok menggunakan kangkung air yang ditanam di sungai, sehingga ukurannya besar dan rasanya renyah!

Menu asal Lombok ini biasanya disajikan dingin bersama dengan sambal tomat. Sensasi pedas nan menyegarkan ini hadir berkat kombinasi cabai rawit, tomat, dan jeruk limau.

Plecing kangkung juga punya variasi lain, lho. Menu ini juga bisa dipadukan dengan taoge, kacang panjang, dan urap. Sebagai pelengkap, ada taburan kacang tanah goreng di atasnya!

 

4. Nasi Balap Puyung

Nama unik dari menu ini berasal dari Desa Puyung, yang terletak di Lombok Tengah. Nah, nasi campur ini konon katanya sering jadi langganan para pembalap motor!

Menu sarapan khas Lombok ini terdiri dari nasi putih, ayam suwir, oseng kacang panjang, kacang kedelai goreng, dan keripik kentang! Hmmm, nikmat banget, deh!

 

Mau Coba Makanan Khas Lombok Ini?

Gampang! Kamu bisa buat sendiri di rumah atau pesan sajian nikmat ini di layanan pesan antar, ya! Semudah beli makanan lewat aplikasi, kamu pun bisa, lho, mendapatkan asuransi kesehatan secara online. Kontribusi per bulannya mirip-mirip harga pesan makan, kok!

 

Asuransi Bebas Handal memiliki manfaat rawat inap yang lengkap hingga Rp100 juta/tahun. Kontribusi dari asuransi kesehatan berbasis syariah ini terjangkau, mulai dari Rp75 ribu/bulan. Proses belinya pun mudah secara online di sini!