ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Teh Talua – Sumatra Barat

Dahulu kala, teh talua merupakan minuman elit di Minangkabau. Minuman yang merupakan campuran dari teh hangat dan telur mentah ini kerap disajikan kepada tamu sebagai tanda kehormatan.


Cara membuatnya pun mudah. Pertama, kocok telur bebek atau kampung dalam satu arah dengan cepat hingga berbusa. Lalu, campurkan telur dan teh hingga merata. Jangan lupa tambahkan perasan jeruk nipis untuk menghilangkan amis ya.

 

2. Bir Pletok – Jakarta

Walau namanya bir, minuman yang satu ini tidak mengandung alkohol, sehingga boleh dikonsumsi anak-anak hingga orang dewasa. Umumnya, bir pletok terbuat dari jahe, serai, daun pandan, cengkih, kapulaga, dan pala.


Sejak era kolonial Belanda, minuman ini sering dipakai untuk menghangatkan badan. Tak hanya itu saja, bir pletok juga disebut dapat meningkatkan stamina, memperlancar peredaran darah, mengatasi gangguan pencernaan, dan meredakan nyeri.

 

3. Air Guraka – Ternate

Minuman favorit para bangsawan ini terbuat dari jahe, gula merah, serai, dan taburan kenari di atasnya. Kalau suka yang manis, kamu bisa tambahkan kayu manis dalam guraka.


Minuman ini biasanya disajikan bersama gorengan, seperti pisang, sukun, atau singkong goreng, lengkap dengan sambal dabu-dabu sebagai cocolan.

 

4. Wedang Uwuh – Yogyakarta

Perpaduan dari jahe, kayu secang, cengkih, kayu manis, pala, serai, kapulaga, dan gula batu ini menghasilkan minuman hangat yang nikmat dan berkhasiat.


Kerap dipakai dalam pengobatan tradisional, minuman ini biasa dikonsumsi saat batuk, masuk angin, perut kembung, atau pegal linu.

 

Berkat bahan-bahan alami yang dipakai, minuman tradisional ini menawarkan banyak khasiat dalam setiap cangkirnya. Ingin coba membuatnya sendiri di rumah?

 

Nah, untuk kamu yang ingin berbelanja bahan minuman tradisional secara online, Sayurbox punya eVoucher senilai Rp25.000 untuk member aplikasi FWD MAX hingga 31 Desember 2022.

 

Klaim eVoucher-mu sekarang dengan download aplikasi FWD MAX di sini!