ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Menabung

Punya wish list, seperti nonton konser, membeli tas, atau jalan-jalan ke luar negeri? Pengeluaran besar bisa mengganggu arus kasmu, jika tidak direncanakan sebelumnya.

Cobalah untuk menabung terlebih dulu untuk setiap kebutuhan tersiermu. Gunakanlah aplikasi bank digital atau reksa dana untuk mengumpulkan dana ini. Jika memungkinkan, pisahkan tabunganmu ke pos-pos terpisah dengan fitur aplikasi yang tersedia ya.

 

2. Budgeting dengan detail 

Kebiasaan top up e-wallet tanpa budgeting yang jelas bisa bikin kantong kering di tengah bulan. Agar kamu gak bingung uangmu habis ke mana, yuk, buat budget yang mendetail!

Cara ini juga akan memudahkan kamu untuk menabung setiap bulannya, membayar utang, dan mempersiapkan dana darurat.

 

3. Cek kalender

Catatlah tanggal-tanggal penting, seperti kapan kamu harus membayar tagihan. Selain itu, buatlah juga daftar acara yang membutuhkan budget lebih, seperti ulang tahun, pernikahan, kelahiran bayi, atau hadiah pindah rumah.

Berbekal list tersebut, kamu bisa antisipasi pengeluaran ekstra ini dengan menabung terlebih dulu.

 

4. Menambah wawasan

Butuh inspirasi untuk meningkatkan produktivitas atau memilih investasi? Nah, buku atau podcast bisa membantu memperkaya wawasanmu!

 

5. Diversifikasi income

Ada beragam cara untuk menambah penghasilan, seperti mencari side job, menjual masakan rumahan atau kerajinan tangan, atau bergabung menjadi affiliate perusahaan atau e-commerce.

 

6. Meningkatkan skor kredit

Beberapa langkah untuk memperbaiki skor kredit, antara lain membayar tagihan secara penuh dan tepat waktu, melunasi utang, dan mengurangi pengeluaran.

 

7. Update warisan

Sudahkah kamu mempersiapkan warisan keluarga? Kalau sudah, apakah ada perubahan dalam kehidupan, seperti perceraian, pernikahan kedua, kelahiran, atau kematian? Jika ada, lakukanlah update ahli waris, baik di surat wasiat ataupun asuransi jiwamu ya.

Jika belum punya asuransi jiwa, kamu bisa mempertimbangkan FWD Asuransi Jiwa dan Penyakit Kritis Plus yang melindungi dari risiko meninggal dunia dan penyakit kritis, seperti serangan jantung, stroke, dan kanker.

Proteksinya mencakup penyakit infeksi, seperti demam berdarah, malaria, dan demam tifoid untuk keluarga. Jika sehat sampai akhir masa asuransi, premi kembali hingga 110%. Tanpa pemeriksaan kesehatan, kamu bisa miliki perlindungan ini secara online di sini.

  

Kunci dari mewujudkan resolusi adalah membuat target yang serealistis mungkin. Semoga dengan checklist ini, progress gol finansialmu berjalan sesuai rencana ya!