ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Vitamin D

Untuk kamu yang ingin mengurangi komplikasi akibat Covid-19, vitamin D bisa jadi jawabannya. Nutrisi tambahan dari vitamin D dapat aktif membantu penyembuhan jaringan yang rusak, terutama paru-paru.

Selain dari sinar matahari, kamu juga bisa dapatkan vitamin D dari makanan, seperti minyak hati ikan, kuning telur, ikan sarden, tuna, salmon, atau jus jeruk.

 

2. Air putih

Salah satu efek dari Covid-19 adalah mulut yang kering. Untuk mengatasi hal ini, kamu perlu minum air atau minuman hangat sepanjang hari.

Terkadang, kamu pun bisa merasakan sembelit akibat efek samping obat-obatan, atau karena jarang bergerak. Meminum air sebanyak 6-8 gelas per hari bisa membantu masalah ini.

 

3. Sup ayam

Saat lagi gak nafsu makan, sup ayam bisa jadi pilihan yang nyaman. Nah, kandungan amino acid dalam sup, ternyata meningkatkan aliran lendir dan membantu mengusir virus loh!

 

4. Air kelapa

Salah satu gejala Covid-19 adalah diare. Agar tubuhmu tak kekurangan cairan, kamu bisa segarkan diri kembali dengan air kelapa. Hindari untuk menambahkan gula ya, karena pemanis tersebut bisa mengurangi imunitasmu.

 

5. Teh hangat

Seperti sup ayam, teh hangat bisa membantu mengeluarkan lendir dan virus dari tubuhmu. Jika ingin yang manis, madu bisa jadi opsi yang lebih sehat dibandingkan gula. Mengonsumsi madu dapat meningkatkan respons imun, serta kualitas tidurmu.

 

6. Buah dan sayur

Kaya akan vitamin A, C, D, dan zinc, buah dan sayur adalah pilihan yang baik untuk mengembalikan kesehatan dan meningkatkan imun. Kamu bisa atur variasi menunya dengan citrus, tomat, berries, kiwi, wortel, ubi, brokoli, paprika, atau jamur.

Buah dan sayur ini juga mengandung karbohidrat kompleks untuk menjaga level energimu yang mudah lelah saat terpapar Covid-19.

 

7. Dessert

Saat sakit, makanan gak harus hambar kok! Kamu juga bisa mengonsumsi dessert atau snack sehat, seperti yogurt, custard, atau keju, untuk ekstra energi dan protein pada tubuh!

 

Nutrisi dan hidrasi yang tepat adalah kunci kesembuhan. Untuk itu, yuk, lebih jaga makan dan minum selama proses pemulihan.

 

Terkena Covid-19 bisa terasa merepotkan, apalagi jika masuk rumah sakit. Namun, kamu gak perlu was-was, kalau punya asuransi kesehatan, seperti Asuransi Bebas Handal yang memberikan manfaat rawat inap yang lengkap.

 

Asuransi kesehatan berbasis syariah ini memiliki manfaat hingga Rp100 juta/tahun dengan kontribusi terjangkau, mulai dari Rp75 ribu/bulan. Dapatkan perlindungannya secara online di sini!



Sumber :

https://www.bda.uk.com/uploads/assets/6a95644d-f8a1-4103-b934da36a7d2c9e8/Homerton-COVID19-Eating-drinking-on-recovery.pdf

https://www.healthline.com/nutrition/what-to-eat-with-covid#1.-Vitamin-D

https://www.yourcovidrecovery.nhs.uk/i-think-i-have-long-covid/your-road-to-recovery/eating-well/

https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/foods-and-drinks-to-help-soothe-covid-19-symptoms/

https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/foods-and-drinks-to-help-soothe-covid-19-symptoms/

https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/foods-and-drinks-to-help-soothe-covid-19-symptoms/

https://www.health.com/condition/infectious-diseases/coronavirus/what-to-eat-when-you-have-covid

https://www.bda.uk.com/uploads/assets/6a95644d-f8a1-4103-b934da36a7d2c9e8/Homerton-COVID19-Eating-drinking-on-recovery.pdf