ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Cek Keuntungan Investasi Properti!

1. Terlihat secara Fisik 
Berbeda dengan investasi seperti kripto, kamu bisa melihat langsung bentuk investasi properti berupa apartemen, rumah, atau gedung.

2. Mendapatkan Penghasilan Ekstra 
Properti bisa memberikanmu penghasilan tambahan, apabila kamu berhasil menyewakannya. Untuk skema pembayarannya, kamu bisa pilih harian, bulanan atau tahunan.

3. Risiko Relatif Rendah 
Rata-rata kenaikan harga properti adalah 10–20% per tahunnya. Nah, dibandingkan dengan saham dan kripto, risiko investasi properti dinilai lebih rendah dan tidak terlalu sensitif. 

4. Bisa Jadi Jaminan 
Selain jadi passive income, properti juga bisa kamu pakai sebagai jaminan untuk meminjam uang di bank, lho! 

Pertimbangkan juga Risiko Kerugiannya!

1. Tidak Terlalu Liquid 
Kekurangan dari aset yang satu ini adalah sulit untuk dijual secara cepat. Nah, jika kamu membutuhkan dana secepat mungkin untuk kebutuhan darurat, properti biasanya dijual dengan harga di bawah pasar.
 
2. Perawatannya Cukup Mahal 
Propertimu tetap harus dirawat agar tetap dapat menarik calon penyewa atau pembeli. Kamu juga harus siapkan dana untuk reparasi dan renovasi.  Lindungi juga propertimu dari risiko kerugian seperti kebakaran dengan punya asuransi.

3. Modalnya Besar 
Umumnya, harga properti itu relatif tinggi, sehingga investor harus mempersiapkan modal yang besar di awal investasi. 

4. Biaya Transaksi Tinggi 
Tak hanya itu, untuk melakukan investasi ini, kamu juga perlu membayarkan biaya transaksi, seperti pajak penghasilan, bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB), biaya notaris, hingga biaya perizinan yang cukup tinggi.

5. Membutuhkan Waktu yang Panjang 
Properti sendiri merupakan investasi jangka panjang. Walau potensi keuntungannya cukup besar, kamu perlu bersabar hingga dapatkan pembeli dengan harga yang sesuai.

Ada Cari Lain untuk Cuan dari Properti, lho!

Terjun ke dunia properti bukan berarti terbatas pada buka kos-kosan atau jual rumah. Coba deh cek alternatif cuan dari properti!

1. Investasi Online 
Nah, investasi ini bisa kamu lakukan dengan membeli saham pengembang properti atau obligasi properti. 

2. Jadi Broker atau Agen Properti 
Tanpa harus punya properti, kamu tetap bisa cuan, lho! Profesi ini mensyaratkan kamu untuk punya skill pengetahuan properti, kemampuan membaca tren, dan networking yang luas.

Yuk, Siapkan Keuangan untuk Hari Depan!

Selain dengan berinvestasi, kamu juga bisa siapkan dana untuk hari tua dengan memiliki asuransi jiwa FWD Whole Life Protection. 

Pada usia ke-75, kamu akan mendapatkan Manfaat Hidup sebesar 50% Uang Pertanggungan untuk wujudkan masa tua impian. Sisa Uang Pertanggungannya akan diberikan jika terjadi risiko terminal illness atau meninggal dunia. Cek selengkapnya di sini!


Sumber: