ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1.      Pilih Lokasi Selancar

Cek dulu ya di internet atau tanyakan pada komunitas peselancar tentang spot surfing yang ramah untuk pemula. Carilah pantai dengan kenaikan ombak sekitar 1–2 kaki atau kurang lebih setinggi dada orang dewasa.

 

2.      Gunakan Papan Seluncur Besar

Ketika memilih papan, kamu bisa mempertimbangkan papan yang lebih besar, ya. Dengan papan ini, kamu akan mendapatkan lebih banyak gelombang dan skill pun semakin terasah.

 

3.      Belajar dengan Pelatih

Untuk keamanan kamu, upayakan untuk belajar surfing bersama pelatih terlebih dulu, ya. Dengan cara ini, kamu bisa lebih memahami dasar-dasar surfing, seperti mendayung hingga cara jatuh yang aman.

 

4.      Lakukan Pemanasan

Jangan anggap remeh pemanasan, ya! Kram di laut bisa jadi berbahaya. Sebelum surfing, lakukanlah pemanasan terlebih dulu.

 

5.      Gunakan Wet Suit

Saat berselancar, pakailah wet suit agar tubuh kamu tetap terasa hangat walau berada di air yang dingin.

 

6.      Latihan di Darat

Sebagai permulaan, pelatih akan mengajak kamu untuk berlatih di tepi pantai. Kamu akan diajarkan gerakan mendayung hingga cara berdiri di atas papan. Latihan ini bisa membuatmu lebih percaya diri saat beraksi nanti.

Ketika kamu sudah lepas landas, tetap tekuk lututmu dan rentangkan lengan dengan rileks. Pastikan tubuh dicondongkan sedikit ke depan, ya.

 

7.      Pelajari Etiket Surfing

Jika ada peselancar lain yang sedang mendayung menuju ombak, selalu dahulukan peselancar yang paling dekat dengan puncak ombak. Selain karena faktor keamanan, menangkap ombak yang sudah didekati oleh peselancar lain dianggap kurang sopan.

Namun, aturan ini biasanya tidak terlalu ketat di lokasi surfing pemula sehingga kamu bisa surfing secara bersamaan.

 

8.      Gunakan Sunscreen

Lindungilah kulitmu dari paparan sinar matahari dengan menggunakan sunscreen. Bawa juga alat P3K, ya, untuk mengobati luka-luka kecil.

 

Siap Coba Olahraga Menantang Ini?

Pastinya kamu tak perlu was-was dengan risiko cedera saat berolahraga, kalau punya FWD Asuransi Kecelakaan Diri yang berlaku di seluruh dunia.

Asuransi dengan manfaat hingga Rp1 miliar ini memiliki premi yang terjangkau, mulai dari Rp30 ribu/bulan. Daftar, beli, dan klaim bisa dilakukan secara online. Cek selengkapnya di sini!



Sumber: