ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Berjalan

Mudah dan cocok untuk pemula, kamu bisa mulai berolahraga tanpa perlu membeli peralatan. Exercise yang satu ini juga low impact sehingga tidak memberatkan sendimu.

Seseorang dengan berat 70 kg dapat membakar 167 kalori per 30 menit hanya dengan berjalan dalam kecepatan 6 km/jam.

Untuk memulai, coba deh berjalan selama 30 menit sebanyak 3-4 kali per minggu, dan tambahkan durasi atau frekuensinya ketika kamu sudah terbiasa.

 

2. Aerobic

Selain berjalan, kamu bisa coba bentuk lain dari aerobic atau latihan cardiovascular, seperti jogging, bersepeda, berenang, dan menari.

Untuk kamu yang cedera atau nyeri sendi, berenang dapat jadi pilihan yang bermanfaat untuk meningkatkan kelenturan, dan mengurangi risiko penyakit jantung. 

Kalau kamu nge-gym, alat-alat, seperti treadmill, elliptical, atau stair stepper juga bisa membantu kamu mencapai berat impian.

 

3. Weight training

Tak hanya menurunkan berat badan, workout ini juga meningkatkan kekuatan dan membentuk otot.

Studi menunjukkan, 11 menit strength-based exercise selama 3 kali seminggu menghasilkan peningkatan 7,4% metabolic rate atau ekstra 125 kalori yang terbakar per harinya.

 

4. Interval training

Biasa dikenal dengan nama high-intensity interval training (HIIT), olahraga ini merupakan serangkaian latihan intens pendek yang diselingi dengan periode pemulihan.

Pertama, kamu pilih jenis exercise, seperti berlari, melompat, atau bersepeda. Sebagai contoh, kamu memilih bersepeda. Kayuhlah sepeda secepat yang kamu bisa selama 30 detik, lalu kurangi kecepatannya selama 1-2 menit. Ulangi pola ini selama 10-30 menit. 

Walau durasinya pendek, HIIT dapat membakar banyak kalori, khususnya lemak perut, yang dikaitkan dengan risiko penyakit kritis. 

 

5. Yoga

Walau tidak seintens olahraga lain, penelitian membuktikan, yoga membantu kita menjadi lebih mindful akan apa yang kita makan. Alhasil, risiko obesitas dapat berkurang.

 

Setiap usahamu tidak ada yang sia-sia. Tak hanya risiko obesitas, aktivitas fisik juga bisa membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan penyakit cardiovascular.

Karena hidup yang sehat adalah maraton, yuk, tetap jaga diri dari masalah kesehatan dengan berolahraga dan memiliki pola hidup yang sehat.

 

Selain itu, kamu juga bisa mengurangi risiko kesehatan, terutama dari segi finansialnya dengan FWD LooP, asuransi lengkap dengan manfaat meninggal, kecelakaan, penyakit kritis, rawat inap hingga investasi.

 

Preminya mulai dari Rp250 ribu/bulan. 100% premi kamu akan dikelola sejak tahun pertama untuk perkembangan dana investasi yang optimal. Cari tahu lebih lanjut di https://www.fwd.co.id/products/investments/loop/.



Sumber :

https://www.cdc.gov/healthyweight/physical_activity/index.html

https://www.healthline.com/nutrition/best-exercise-for-weight-loss#TOC_TITLE_HDR_2

https://www.healthline.com/health/exercise-and-weight-loss#types-of-exercise

https://www.healthline.com/nutrition/best-exercise-for-weight-loss#TOC_TITLE_HDR_2

https://www.healthline.com/nutrition/best-exercise-for-weight-loss#TOC_TITLE_HDR_5

https://www.healthline.com/nutrition/best-exercise-for-weight-loss#TOC_TITLE_HDR_6

https://www.healthline.com/health/exercise-and-weight-loss#types-of-exercise

https://www.chp.gov.hk/archive/epp/files/DoctorsHanbook_ch10.pdf